Pandu Peserta PMB, Unika Luncurkan Virtual Assistant
Jumat, 4 Mei 2018 | 23:35 WIB

Menjawab kebutuhan calon mahasiswa akan informasi menjelang penerimaan mahasiswa baru (PMB), Unika Soegijapranata meluncurkan Virtual Assistant yang dinamai Vanika.

Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr Ridwan Sanjaya MS IEC menyatakan, kebutuhan anak-anak muda yang mau masuk Universitasnya terhadap informasi seringkali menghubungi setelah pukul 21.00 WIB.

“Mereka sering menghubungi staf kami yang mengurusi PMB setelah pukul 21.00 sampai dengan 24.00 WIB. Calon mahasiswa chat staf kami dan kadang bisa menjawab, terkadang tidak karena sudah terlalu malam. Kalau tidak bisa menjawab, baru besok paginya dijawab, padahal mereka butuh informasinya saat itu juga,” kata Ridwan di Unika Soegijapranata, belum lama ini.

Maka pihaknya melihat, dari sisi teknologi bisa menghubungkan antar software chat dalam hal ini Line dengan kecerdasan buatan (artificial intellegent) dan dihubungkan juga dengan koleksi pertanyaan yang sering muncul sehingga bisa dijawab oleh mesinnya. Mesinnya makin lama, makin pintar meski pada awalnya hanya bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tertentu saja.

“Mesin yang kami pergunakan namanya mesin learning, pertanyaan yang tidak bisa dijawab kemudian mesin diajari dan kini semakin pintar,” tambahnya.

Nanti mesin ini lama-lama tahu, mana yang harus diserap untuk menjawab dan mana yang tidak. “Rasa-rasanya belum ada perguruan tinggi yang mempunyai virtual assistant seperti kami, kalau perusahaan sudah ada,” tambah Ridwan.

Akun Vanika di Line menurutnya, tidak harus di masukkan sebagai teman untuk menanyakan informasi yang diinginkan. Calon mahasiswa bisa langsung chat tetapi bisa juga dimasukkan sebagai teman dan begitu diumumkan pada saat acara wisuda pekan lalu, sudah ada 40-an akun menambahkannya sebagai teman.

https://www.suaramerdeka.com

Kategori: