Delapan Mahasiswa Asing Unika Internship di Tiga Desa Wisata Kota Semarang
Selasa, 8 Mei 2018 | 15:43 WIB

Bidang Kelembagaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang bekerjasama dengan International Office Unika Soegijapranata untuk menyelenggarakan program internship bagi para mahasiswa asing yang mengikuti Program Darmasiswa di Unika Soegijapranata. Adapun Program Internship bertempat di tiga desa wisata di Kota Semarang antara lain Kampung Alam Malon, Desa Wisata Jamalsari, dan Desa Wisata Wonolopo dan dilaksanakan selama lima minggu lebih tepatnya dari Senin (12/tiga) hingga Rabu (18/4). Dari 15 mahasiswa asing yang sedang belajar di Unika, International Office mengirimkan delapan mahasiswa asing yang berasal dari empat negara antara lain Timor Leste, Malawi, Zimbabwe, dan Meksiko. Adapun pengiriman delapan mahasiswa asing guna pengembangan desa wisata berkaitan dengan jurusan yang diambil oleh mahasiswa di Program Darmasiswa yaitu pariwisata.

Menurut penuturan Stefani Amanda Harmani, S.TP, M.Sc. sebagai Kepala International Office Unika Soegijapranata, mahasiswa asing diminta untuk tinggal dan menganalisa kegiatan di tiga desa wisata tersebut. Dalam menjalankan projectnya, para mahasiswa asing hanya tinggal tiga hari dalam seminggu dikarenakan dua hari lainnya digunakan untuk kegiatan kuliah.

“Selama tinggal di tiga desa wisata tersebut para mahasiswa asing diharapkan dapat memberikan saran dari sudut pandang turis internasional guna pengembangan desa wisata seperti paket wisata serta dapat membantu promosi dari desa tersebut dikarenakan desa wisata tersebut tergolong desa wisata yang baru. Selama berada di desa wisata, para mahasiswa asing dibantu oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis) di tiap desa untuk menggali potensi desa yang dapat dikembangkan. Namun untuk kebutuhan penyusunan laporan lebih lanjut yang akan dibuat oleh mahasiswa asing yang akan dibimbing oleh tiga dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata ¬†yaitu Dr. Octavianus Digdo Hartomo, S.E., M.Si.Akt; A. Haryo Perwito, SE., MA-TRM; dan Dr. Rustina Untari, M.SIE, ” jelas Amanda.

Sebagai tindak lanjut kegiatan internship, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang beserta kelompok sadar wisata dari tiap desa wisata berkunjung ke Unika Soegijapranata guna mendengarkan hasil evaluasi dari tiap mahasiswa asing yang mengikuti program internship tersebut disertai penyerahan kenang-kenangan dari kedua belah pihak (Unika Soegijapranata dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang). (Cal)

Kategori: ,