Dalami Psikologi Karena Sejalan Dengan Tugas Kesehariannya
Kamis, 3 Mei 2018 | 8:34 WIB

Bhikkhu Dhammamitto atau yang memiliki nama asli Wasiman baru saja menyelesaikan pendidikannya di Fakultas Psikologi, Unika Soegijapranata dan turut diwisuda pada Wisuda periode I Tahun 2018 lalu. Selain sibuk sebagai pemuka agama dan menjabat sebagai Wakil Pemimpin Pembina Jawa tengah (Upadesanayaka Jawa Tengah), Bhikkhu Dhammamitto tidak melupakan pentingnya pendidikan. Memasuki dunia Bhikkhu di tahun 2011, dan diterima di Unika tahun 2013 semakin mempertegas komitmennya dalam menimba ilmu.

Dalam kesehariannya, selama menimba ilmu Bhikkhu Dhammamitto memprioritaskan kegiatannya pada kuliah di hari Senin hingga Kamis sedangkan Jumat hingga Minggu, Bhikkhu  Dhammamitto terfokus untuk melakukan kegiatannya sebagai pemuka agama. Saat ini, Bhikkku aliran Theravada tersebut menetap di salah satu vihara di Kota Pekalongan. Sebelumnya, Bhikkhu Dhammamitto  menetap di Vihara Tanah Putih, Semarang sejak tahun 2012.

“Mengapa saya lebih memilih mendalami Ilmu Psikologi? Semua ini karena tidak terlepas dari tugas saya sebagai Bhikkhu. Sebagai Bhikkhu, tentunya kami berurusan dengan masyarakat, di dalam masyarakat kami sering menjumpai masyarakat yang ingin konsultasi, diskusi yang menyangkut tentang hal-hal kemanusiaan. Ilmu Psikologi menurut saya sejalan dengan kegiatan saya sehari-hari yang menerima konsultasi dari masyarakat karena Ilmu Psikologi berbicara mengenai manusia. Pilihan saya untuk mendalami Ilmu Psikologi di Unika juga tidak terlepas dari peran salah satu dosen di Unika, Carolus Indra Dwi Purnama, S.Psi., M.Psi yang saat itu masih sebagai mahasiswa magister psikologi. Beliaulah yang merekomendasikan saya untuk menimba Ilmu Psikologi di Unika” jelas Bhikkhu Dhammamitto.

Dalam kesehariannya, Bhikkhu Dhammamitto mengakui kegiatannya lebih banyak di masyarakat untuk memenuhi undangan dari warga. Hal yang sama juga berlaku untuk undangan dari luar negeri, semasa berkarya hingga saat ini Bhikkhu Dhammamitto telah mengunjungi beberapa negara seperti Thailand, Myanmar, Kamboja, Vietnam guna kegiatan keagamaan. Untuk rencana selanjutnya, Bhikkhu Dhammamitto hendak mendalami minatnya di Program Magister Sains Psikologi Unika Soegijapranata. (Cal)

Kategori: ,