Unika Launching e-Sertifikat
Kamis, 12 April 2018 | 7:33 WIB

Unika Launching e-Sertifikat

Universitas Katolik Soegijapranata melakukan launching e-sertifikat yang digunakan untuk mendukung semua kegiatan mahasiswa di kampus tersebut. Menurut Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr V Kristina Ananingsih ST MSc, e-sertifikat ini merupakan pengganti sertifikat fisik yang biasanya terbuat dari kertas.

“E-sertifikat bertujuan untuk memperhatikan lingkungan yaitu dengan mengurangi penggunaan kertas yang sebelumnya dalam setahun kurang lebih bisa mencapai sekitar 4 ribu lembar. Sertifikat kegiatan mahasiswa kini diganti dengan softcopy dengan QR Code sehingga tetap sah dan lebih praktis,” kata Kristina saat launching pada Selasa (10/4) seperti dalam rilis yang disampaikan kepada suaramerdeka.com, Rabu (11/4).

E-sertifikat ini sambungnya, mendukung program sistem informasi yang sudah dilaksanakan oleh universitas sehingga sertifikat kegiatan mahasiswa tersambung secara online, otomatis bisa dibuka oleh mahasiswa di profil personal lewat sintak. Selain dengan e-sertifikat juga akan mempermudah pihak Unit Pelaksana Teknis Kemahasiswaan dan mahasiswa dalam pengisian Surat Keterangan Pendamping Ijazah pada setiap semester.

Pihaknya saat ini juga sedang menyusun program e-portofolio, yaitu daftar riwayat hidup mahasiswa yang bisa diakses secara online. E-portofolio ini bisa dipergunakan oleh mahasiswa dengan diisi berbagai macam kegiatan intra kampus yang telah diikuti, misalnya menjadi panitia di suatu kegiatan. Mahasiswa bisa mendownload e-portofolio jika akan mengajukan aplikasi bea siswa, mendaftar intership atau exchange.

http://www.suaramerdeka.com

Kategori: