Unika Kembangkan Aplikasi Lamaran Yang Paperless Dalam Jobfairnya
Kamis, 19 April 2018 | 17:48 WIB

“Tanpa terasa 15 tahun sudah berlalu dan Unika sudah 27 kali mengadakan Jobfair, dan saat 15 tahun yang lalu itu Unika termasuk pioneer untuk penyelenggaraan jobfair di kota Semarang. Memang tidak hanya inisiator tetapi juga peningkatan kualitas dalam jobfair. Dulu penyelenggaraan jobfair semata-mata menggunakan media-media konvensional, seperti kertas berupa dokumen dalam jumlah yang banyak, dan sejak satu tahun yang lalu Unika sudah merubah dengan aplikasi Unika Jobfair sehingga beberapa pelamar terutama yang berasal dari Unika Soegijapranata tidak perlu harus membawa berkas-berkas jika memang tidak dibutuhkan, karena berkasnya sudah dalam bentuk softcopy. Bahkan kita menjanjikan akan adanya kemudahan untuk para perusahaan, jadi perusahaan bisa melihat track record dari semester satu sampai dengan semester akhir yang nantinya bisa jadi bahan pengambil keputusan bahwa tidak hanya IPK tetapi juga aktifitas yang dijalani oleh mahasiswa sebagai penentu keputusan apakah perusahaan akan mengambil yang bersangkutan sebagai sumber daya manusianya atau tidak,” terang Prof. Dr. F Ridwan Sanjaya, MS., IEC selaku rektor Unika Soegijapranata dalam sambutannya ketika membuka Jobfair ke XXVII di kampus Unika pada hari Kamis (19/4).

Kepala UPT SSCC Unika, B Lenny Setyowati, SS., M.I.Kom juga mengemukakan bahwa penyelenggaraan Jobfair ini juga memiliki beberapa tujuan antara lain sebagai sarana untuk membangun komunikasi antara Unika Soegijapranata dengan perusahaan pengguna lulusan, disamping juga tanggung jawab sosial Unika kepada masyarakat.

Target unduhan pengguna aplikasi UJF adalah sekitar 3000 orang, yang tentunya diharapkan dengan jumlah tersebut maka para pengguna aplikasi akan semakin banyak yang dimudahkan dalam mendapatkan informasi maupun pengajuan lamaran ke perusahaan.

Seperti halnya salah satu pengunjung jobfair ke XXVII Unika, Bima Dakojati Mahananda yang merupakan salah satu alumnus salah satu PTN di kota Semarang yang mengungkapkan pendapatnya tentang jobfair Unika.” Dengan penggunaan aplikasi dalam jobfair Unika, menurut saya sangat membantu dan mempermudah para pelamar untuk mendapatkan info perusahaan daripada harus kesulitan mencari-cari info di web, maka dengan aplikasi ini kita dimudahkan,”jelasnya.

Pelaksanaan Jobfair ke XXVII Unika Soegijapranata, akan diselenggarakan selama dua hari, sehingga besok Jumat (20/4) masih ada kesempatan bagi yang belum sempat datang ke Jobfair Unika yang dimulai sejak pukul 09.00 hingga 15.00 wib, bertempat di ruang auditorium gedung Albertus. (fas)

Kategori: , ,