Unika Kembali Launching Aplikasi Baru Untuk Mahasiswa
Rabu, 11 April 2018 | 17:06 WIB

Suatu sistem baru telah dibangun oleh Unika Soegijapranata sebagai salah satu perguruan tinggi yang mengalami perubahan atau disrupsi secara teknologi untuk mendukung kegiatan mahasiswa dan memperhatikan lingkungan sesuai semangat “Transformasi Inspiratif” yang menjadi tema karya Unika di tahun akademik 2017-2018.

Perubahan sistem baru ini adalah mulai dilaunchingnya E Sertifikat pada hari Selasa (10/4) bertempat di Ruang Hijau Gedung Mikael, Unika Soegijapranata dengan mengundang Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) di lingkungan kampus dan disaksikan oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Dr V Kristina Ananingsih, ST., M.Sc.

Dalam acara launching E Sertifikat tersebut, Dr Kristina menjelaskan tentang E Sertifikat yang merupakan pengganti sertifikat yang biasanya berupa kertas tetapi diganti dengan softcopy yang memiliki QR Code sehingga bisa tetap sah dan bisa dipergunakan lebih praktis, lebih mudah serta paperless. “E Sertifikat bertujuan untuk mendukung semua kegiatan mahasiswa di Unika, namun tetap memperhatikan lingkungan yaitu dengan mengurangi penggunaan kertas (paperless) yang sebelumnya apabila kita total dalam setahun kurang lebih bisa mencapai sekitar 4000 lembar. Oleh karena itu untuk efisiensi penggunaan kertas dan penggunaan dana maka akan lebih baik jika dana untuk penyediaan kertas sertifikat tersebut justru digunakan untuk mendukung kegiatan mahasiswa,”terangnya.

“Kemudian, kita juga mendukung program sistem informasi atau program online yang memang sudah dilaksanakan oleh universitas, sehingga sertifikat kegiatan mahasiswa yang nantinya  tersambung online  ini, secara otomatis bisa dibuka oleh mahasiswa di profil personal lewat sintak. Disamping itu dengan E Sertifikat ini juga akan mempermudah pihak UPT (Unit Pelaksana Teknis) Kemahasiswaan serta bagi mahasiswa sendiri dalam pengisian SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) di setiap semester. Selanjutnya, kita juga sedang menyusun program E Portofolio yaitu daftar riwayat hidup mahasiswa yang bisa diakses online. E Portofolio ini bisa dipergunakan oleh mahasiswa untuk beberapa kegiatan, misalnya mereka mau menjadi panitia di suatu kegiatan, akan aplikasi bea siswa, akan mendaftar internship atau exchange nanti mereka bisa download  E-Portofolio mereka. Jadi kita link-kan itu dalam suatu sistem informasi online supaya bisa saling mendukung,”jelasnya.

E Sertifikat ini sah karena sudah di atur dalam Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU ITE”)

Kategori: ,