Unika Grand Launching Kompas Corner
Sabtu, 7 April 2018 | 12:48 WIB

Kabar gembira kembali datang dari Unika Soegijapranata! Unika Soegijapranata menjadi universitas pertama di Jawa Tengah yang memiliki Kompas Corner. Adapun di Indonesia, Unika Soegijapranata menjadi universitas ketiga di Indonesia yang memiliki Kompas Corner. Menurut Ardian Dinar Pratama selaku Project Manager Kompas Corner Unika Soegijapranata, hal ini juga sebagai tindak lanjut kerjasama Unika Soegijapranata dan Harian Kompas sejak 3 tahun lalu. Acara Grand Launching Kompas Corner yang dilaksanakan  pada hari Jumat (6/4) bertempat di Selasar Gedung Thomas Aquinas dihadiri oleh Rektor Unika dan pejabat dekanat Fakultas Hukum dan Ilmu Komunikasi.

Selain grand launching, juga dilakukan penandatanganan MoU pengintegrasian Wi-Fi Unika dengan kompas.id (website Harian Kompas) dimana ketika login di Wi-Fi Unika dapat langsung tersambung ke kompas.id dan mendapatkan akses gratis ke seluruh artikel kompas.id.

“Mengenai pemilihan Unika menjadi cabang Kompas Corner pertama di Jawa Tengah tentunya didasari karena Unika Soegijapranata merupakan partner lama kami terutama di bidang edukasi. Baik secara kelembagaan maupun pribadi, sejatinya kami berdua telah saling mengenal sejak lama dan ide ini sejatinya telah dicetuskan sejak lama sekitar 3 tahun yang lalu. Kompas Corner Unika Soegijapranata sendiri berbentuk Unit Kegiatan Mahasiswa kerjasama Unika Soegijpranata dengan Harian Kompas yang bergerak di bidang literasi media baik terkait jurnalisme, workshop, dan fotografi,” terang Djuanda Eka Setiawan yang merupakan Customer Relation Manager Harian Kompas.

Dalam Grand Launching, Ardian Dinar Pratama mengumumkan bahwa Kompas Corner Unika Soegijapranata mulai beroperasi pada hari Senin (9/4). Adapun untuk jam operasinya dibuka dari jam 09.00 hingga 17.00. Dalam penjelasannya, Ardian juga memaparkan tema yang diambil dari Kompas Corner Unika Soegijapranata adalah Dynamic, Young, Inspire dengan mengambil maskot “Si Kompi” berupa stiker ilustrasi Mgr. Soegijapranata yang memakai jaket Kompas.

“Pada Kompas Corner ini kami berpijak pada 4 pilar, yaitu yang pertama, learning center dengan adanya Pusat Informasi Kompas dengan menyediakan berita dan data Kompas yang tersedia mulai tahun 1965 hingga hari ini berupa kompas.id full acess untuk semua rubrik dan e-paper. Seluruh hal tersebut dapat diakses di personal computer Kompas Corner Unika Soegijapranata. Yang kedua, buku Penerbit Buku Kompas yang dapat diakses ketika berkunjung di Kompas Corner. Yang ketiga, meeting point sebagai sebuah media bagi mahasiswa untuk mengadakan diskusi topik dan tren yang berlaku saat ini. Yang keempat, sebagai workspace dimana mahasiswa juga dapat menggunakan kedua unit pc untuk pengoperasian editing menggunakan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Premiere, Microsoft Office. Kami juga menyediakan event space bagi organisasi ataupun UKM Unika Soegijapranata yang ingin mengadakan workshop hingga mini seminar” jelas Ardian Dinar Pratama.

Dalam penjelasan lanjut, Ardian juga menegaskan bahwa tim Kompas Corner Unika Soegijapranata akan mengadakan kampanye rutin yang dilaksanakan setiap bulan mengenai isu dan tren yang terjadi saat ini. Selain kampanye, Kompas Corner Unika Soegijapranata juga terhubung dengan beberapa sosial media seperti Fanpage Facebook dan Instagram. Selain itu, Kompas Corner Unika Soegijapranata juga memadukan kegiatan berbasis online dengan daily kompas.id newslink berupa highlight news dari Harian Kompas yang akan diperbarui setiap harinya di story instagram maupun Fanpage Facebook, interesting fact, figure, serta inspring youth story juga dengan kegiatan berbasis offline seperti gathering, workshop serta sharing session.

“Dalam setiap workshop yang kami adakan, kami juga akan mengundang praktisi dari Harian Kompas guna mengisi workshop yang kami adakan.¬† Sedangkan pada gathering, kami akan mengundang komunitas maupun organisasi untuk saling berkolaborasi bersama community dan influencer,” pungkas Ardian. (cal)

Kategori: ,