Unika Dorong Kreativitas Mahasiswanya Untuk Persiapkan PIMNAS
Selasa, 10 April 2018 | 15:03 WIB

Sebagai sarana untuk mewadahi ide-ide kreatif mahasiswa S1 Unika Soegijapranata, BEMU (Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas) mengadakan Workshop PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa) yang telah diselenggarakan pada hari Sabtu (7/4) di Gedung Antonius lantai dua. Kegiatan workshop ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan acara SCC (Soegijapranata Creative Competition).

Tiap tahunnya BEMU memiliki program kerja, salah satunya adalah lomba PKM yang tahun ini bernama SCC (Soegijapranata Creative Competition). Kegiatan SCC adalah wadah untuk memfasilitasi mahasiswa Unika dalam berprestasi di bidang PKM dan sarana bagi mahasiswa S1 untuk menuangkan ide-ide kreatifnya.

Nantinya, proposal PKM dikirimkan dan diseleksi oleh Kemenristekdikti (Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi). Namun sebelumnya, seleksi diadakan mulai dari tingkat internal universitas oleh tim Satgas (Satuan Tugas) PKM dari setiap fakultas. Sepuluh proposal terbaik nantinya akan diajukan untuk mengikuti tahap seleksi tingkat nasional dalam PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional).

PKM terdiri dari 5 bidang yakni: PKM-P (Penelitian), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-KC (Karsa Cipta), PKM-T (Teknologi), dan PKM-M (Pengabdian Masyarakat). Proposal yang lolos di tingkat nasional nantinya akan mendapatkan sejumlah dana dari Dikti untuk merealisasikan ide-ide kreatif tersebut.

Dalam acara workshop ini, para peserta PKM dibekali pengarahan dalam menyusun proposal. Format penyusunan proposal harus sesuai dengan Legal Drafting dari pusat. Sebab, format penyusunan ini akan berpengaruh juga dalam seleksi berkas proposal. Selain itu, dibentuk pula kelompok PKM yang terdiri atas 3-5 orang serta penentuan dosen pembimbing untuk tiap kelompok PKM. Dalam satu kelompok sebisa mungkin terdiri dari angkatan yang berbeda dan dari fakultas atau program studi yang berbeda.

Pada sesi pembukaan di acara workshop PKM, salah satu dosen FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) yang juga menjadi tim Satgas PKM  Dyah Titisari Anugraheni, SE., M.Si berharap supaya tahun ini semakin banyak proposal yang dikirimkan, sehingga kuota pengiriman proposal ke depannya juga menjadi lebih banyak. Dengan demikian, kesempatan untuk mengikuti PKM semakin terbuka lebar.

Selain kegiatan workshop, BEMU juga akan mengadakan Seminar SCD (Soegijapranata Creative Day) yang akan diselenggarakan pada tanggal 12 Mei. “Kegiatan Seminar SCD tahun ini adalah kegiatan yang baru, dibandingkan tahun sebelumnya. dan menghadirkan  pengembang start-up, lembaga pengabdian masyarakat, dan juga mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi di bidang PKM,” ungkap Herry Yulianto, selaku wakil ketua BEMU Unika Soegijapranata.

“Ke depannya, kita berharap bisa lebih banyak lagi PKM yang lolos ke Pimnas. Hal ini juga akan meningkatkan akreditasi baik universitas maupun fakultas,” tutupnya.

Selanjutnya, pengumpulan berkas proposal PKM akan dilaksanakan pada 8 April – 5 Mei. Dilanjutkan dengan penjurian internal pada 7-9 Mei dan pengumuman 10 besar SCC pada 11 Mei. Sepuluh proposal terbaik nantinya akan dipresentasikan dalam Final SCC pada 19 Mei.(B.Agth)

Kategori: ,