Sudah Bekerja Sebelum Diwisuda
Rabu, 25 April 2018 | 8:30 WIB

Sabar Santoso yang kerap disapa Sabar adalah pria kelahiran Temanggung, 1 September  1994. Sabar Santoso menjadi salah satu wisudawan terbaik dari Fakultas Teknik Progdi  Teknik Elektro dengan IPK 3,75 pada Wisuda Periode I tahun 2018 Unika Soegijapranata.

“Sama sekali tidak terfikir kalau saya bakalan menjadi wisudawan terbaik. Ini semua berkat doa orang tua saya dan orang-orang terdekat saya yang selalu mendoakan saya” tutur Sabar Santoso.

Dalam proses pembuatan skripsi yang berjudul “Pengaruh Letak Sensor Terhadap Torka yang ada pada Motor Switched Reluctance” Ia merasa terdukung oleh Prinsip Hidup yang sudah dibuatnya.

“Prinsip hidupku jangan pernah puas pada satu hal. Terus gali potensimu, sebab potensi itu yang akan menuntunmu untuk menggapai cita-citamu. Dan terima masukan orang, karena masukan itu akan membawa kita menjadi orang yang lebih baik.” itulah prinsip dalam hidup Sabar, prinsip inilah yang membawanya bisa menjadi wisudawan terbaik.

“Hambatan paling besar dalam penulisan skripsi adalah ketika saya harus membawa topik skripsi saya untuk diterbitkan di jurnal international. Dengan kemampuan bahasa Inggris saya yang pas-pasan membuat saya agak terhambat untuk mengubah skripsi saya ke bahasa Inggris. Kemudian setelah hampir selesai translate isinya ternyata deadline sudah terlewat dan hasil translateku tidak terpakai. Itu adalah kendala ketika saya mengerjakan skripsi. Pokoknya pada intinya “SKRIPSI” itu penuh tantangan,” ujarnya sambil menceritakan kembali hambatan saat membuat skripsi.

”Kalau ditanya kenapa memilih kuliah di Unika Soegijapranata, pilihan tersebut saya ambil karena di kota Semarang saya punya kakak kandung, sehingga selama kuliah saya tinggal di rumah kakak saya. Sedangkan alasan saya memilih jurusan elektro, karena secara pribadi saya seneng otak atik barang-barang yang berbau elektro” ujarnya saat menceritakan kembali alasan memilih berkuliah di Unika.

Dalam perkuliahannya Sabar juga mengembangkan softskill nya lewat Organisasi Mahasiswa. Sabar Santoso mengikuti beberapa organisasi baik di tingkat Progdi ataupun tingkat Fakultas. Kegiatan organisasi yang Sabar Santoso jalani selama kuliah adalah HMJ-TE dan BEM-FT. Dalam mengatur jadwal perkuliahan dengan Organisasi Mahasiswa pun, Sabar Santoso tidak menemui kesulitan, karena Sabar Santoso sendiri mengalokasikan waktu nya pada semester-semester awal untuk kegiatan organisasi, selain untuk mengembangkan softskill Sabar Santoso memiliki alasan lain yaitu untuk melatih public speaking dan untuk menambah teman.

Tak hanya berkuliah dan berorganisasi saja, Sabar pun juga memiliki kegiatan yang lain seperti melatih guru-guru SMK se-Jawa Tengah di BPDIKJUR dan Ia juga ikut terlibat dalam pelatihan ekstrakulikuler robotik tingkat SMA di Kota Semarang. Dan apabila dosennya sedang penelitian Sabar Santoso juga sering terlibat didalamnya.

“Kebetulan saya sekarang sudah bekerja di PT. MAS Sumbiri, yaitu perusahaan asal Srilanka yang memproduksi salah satu brand pakaian dalam terkenal yaitu victoria secret. Dan saya bersyukur, karena sebelum wisuda saya sudah mendapatkan pekerjaan itu. Pekerjaan itu saya dapat berkat info lowongan dari UPT SSCC Unika tentang bidang yang saya tekuni. Maka dari itu saya coba-coba daftar dan hasilnya saya diterima disitu,” pungkasnya. (Han)

Kategori: ,