Simple Things Become Great Things
Rabu, 25 April 2018 | 13:10 WIB

Ada banyak mimpi yang ingin dicapai oleh seorang manusia dalam hidupnya. Bagi seorang anak biasanya mimpi utama yang ingin dicapai adalah membanggakan kedua orangtua nya lewat prestasi-prestasi hidup yang dapat digapai. Amadea Carissa Rosemarie Yahya menjadi salah satu anak yang dapat dibanggakan ayahnya, Roy R Yahya ketika ia dapat menjadi wisudawati terbaik Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) program studi Sastra Inggris.

Wanita kelahiran 15 Oktober 1996 yang biasa dipanggil Amadea ini menjadi wisudawati terbaik dengan judul skripsi “Body as Site of Struggle in Katy Perry’s Music Video: Part of Me”. Judul skripsi ini terbilang jarang diangkat sebagai penelitian akhir mahasiswa S1. Amadea mengambil judul skripsi ini karena ketertarikan pribadi nya terhadap feminism yang ada di bidang gender studies. Ia memiliki keinginan membuat suatu karya tulis yang mengangkat tema kesetaraan gender serta dapat mendorong para wanita menyadari kapasitas dan kekuatan yang mereka miliki.

Perjalanan kuliah hingga menulis skripsi tentunya bukan hal yang mudah yang dapat dicapai dalam waktu singkat. Amadea sendiri mengakui adanya tantangan utama yang awalnya ia temui ketika ia memilih judul skripsinya.

“Mulanya saya merasa agak ragu, apa mungkin data ini bisa digunakan karena saya takut kalau skripsi ini dianggap terlalu dangkal atau gitu-gitu aja. Tapi dengan obrolan dan dukungan dari dosen pembimbing, saya akhirnya menemukan teori dari ahli yang bisa saya gunakan untuk mendukung skripsi ini,” ujar alumni SMA Sedes Sapientiae ini.

Ketika Amadea mengingat keluarganya, terutama orangtua yang sudah susah payah membiayai kuliah, ia semangat untuk menyelesaikan skripsinya dan ia rasa hal ini menjadi motivasi bagi semua orang yang sedang menempuh studi maupun sedang mengerjakan skripsi. Tentunya ada banyak pengalaman yang membuat Amadea terkesan selama menjalani studinya di Fakultas Bahasa dan Seni Unika Soegijapranata. Apabila harus memilih salah satu dari sekian banyak pengalamannya selama berkuliah, pengalaman berorganisasi sebagai anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF) dan sejumlah kepanitiaan baik dari fakultas maupun universitas menjadi hal yang tidak akan pernah ia sesali. Dengan berbagai pengalaman tersebut, ia merasa berkembang menjadi manusia yang jauh lebih baik sebelumnya.

“Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada orangtua saya yang selalu mendukung berbagai keputusan yang saya pilih. Selain itu, kepada para dosen fakutlas terutama untuk kedua dosen pembimbing saya karena kesabaran dan bimbingan beliau sangat berarti untuk saya. Tidak lupa untuk teman-teman saya, yang baik secara langsung atau tidak langsung selalu memberikan dukungan dan bantuan di saat saya membutuhkannya. Berbagi energi positif dari orang-orang di sekitar saya selalu membuat saya bahagia,” tutur Amadea.

Dalam sepanjang waktu perkuliahan hingga penyusunan skripsi tidak hanya ada kenangan indah dan pengalaman yang menyenangkan, tetapi juga pengalaman perjuangan untuk bangkit kembali saat mengalami hambatan saat pembuatan skripsinya, Amadea sadar bahwa ia tidak boleh menunda-nunda kewajiban yang sudah seharusnya ia selesaikan dan harus fokus dengan apa yang sudah menjadi tanggung jawabnya. Meskipun sudah banyak yang mendukung, hanya kita yang memiliki kontrol penuh atas diri dan tindakan kita.

“Ada kata-kata dari salah satu seniman yaitu Vincent van Gogh yang berbunyi, great things are done by a series of small things brought together yang selalu mengingatkan saya untuk selalu fokus dengan setiap langkah yang saya jalani. Karena dengan hal-hal kecil yang baik, akhirnya akan membuahkan hasil besar yang baik pula, begitu juga sebaliknya.

Untuk teman-teman yang masih berkuliah atau sedang mengerjakan skripsi, nikmati waktu yang kamu miliki saat ini dengan sebaik-baiknya karena waktu adalah satu-satunya hal yang tidak akan bisa kembali lagi. Semangat terus untuk menjadi apapun yang kamu inginkan dan kelilingi dirimu dengan hal-hal yang positif untukmu. Jangan lupa selalu bahagia, good luck!” (SF)

Kategori: ,