Kerjakan Tugas Secara Mandiri Kunci Keberhasilan Skripsi
Rabu, 25 April 2018 | 8:45 WIB

Lahir di Semarang 30 Maret 1996, Rahardianti Kusumo Astuti, menjadi salah satu wisudawati terbaik dari Prodi Hukum Fakultas Hukum dan Komunikasi (FHK) Unika  Soegijapranata. Rahardianti, yang akrab disapa Danti ini, meraih IPK 3,83 (Predikat kelulusan Dengan Pujian).

Skripsinya berjudul “Keadilan Hukum terhadap Perempuan, Ketegangan antara Asas Kesetaraan dan Asas Perlakuan Istimewa terhadap Hukum” menunjukkan rasa empatinya terhadap para perempuan yang menjadi korban ketidakadilan di dalam hukum.

Dirinya mengaku bahwa selama menyelesaikan skripsi ini dirinya pernah menemui hambatan. Namun hambatan-hambatan yang pernah dilaluinya tidak membuatnya menyerah untuk menyelesaikan skripsinya, yang lebih membanggakannya lagi, selain meraih IPK yang tinggi, Danti juga aktif di organisasi kampus. Pernah menjadi panitia PTMB, aktif sebagai bendahara Senat Fakultas Hukum dan Komunikasi satu periode tahun 2015-2016, menjadi BPH dalam dua acara BEM, serta pernah ditunjuk oleh dosen menjadi panitia diskusi dan seminar.

Sudah meraih IPK yang tinggi tidak menjadikan Danti enggan untuk belajar, dirinya mengakui ada satu keinginan yang belum tercapai hingga saat ini yaitu meningkatkan skor TOEFL nya, dirinya sadar bahwa keahlian berbahasa Inggris dimasa sekarang ini merupakan satu hal yang sangat penting.

Danti juga dengan senyum ramahnya memberikan tips untuk dapat aktif di organisasi sekaligus bisa meraih IPK yang tinggi. “Kalo aku dulu di semester-semester awal bener-bener aku pake buat ngumpulin nilai jadi gak ikut organisasi di kampus, setelah itu sekitar semester 3 dan 4 aku baru aktif, selanjutnya di semester 5 aku mulai fokus lagi buat belajar”. “Namun semua kembali lagi tergantung kemauan setiap mahasiswa untuk belajar”, tambahnya.

Untuk para mahasiswa yang masih berkuliah di Unika Soegijapranata, Danti berpesan agar para mahasiswa mengerjakan tugas-tugas secara mandiri, tidak bergantung dengan teman, karena menurutnya ini juga merupakan salah satu kunci keberhasilan skripsi, jika tiap-tiap mahasiswa benar-benar mendengarkan dosen, belajar, serta mengerjakan tugas-tugasnya mandiri, maka para mahasiswa akan mampu berjuang dan menyelesaikan skripsi dengan baik dan lancar. Motto hidup dari Danti sendiri adalah “Fokus terhadap apa yang kamu cita-citakan.” (YP)

Kategori: ,