Jangan Hanya Kecipratan, Nyebur Sekalian
Rabu, 25 April 2018 | 12:59 WIB

“Selama menulis tugas ataupun melakukan penelitian, motivasi dan hadiah terbesar bagi saya yakni kesempatan untuk mempublikasikan hasil melalui jurnal. Hal tersebut sangat didukung oleh fakultas sehingga setiap mahasiswa memiliki kesempatan untuk lulus tidak hanya dengan gelar tetapi juga dengan karya,” ungkap Lavernchy Jovanska atau sering disapa Lala sebagai Wisudawan Terbaik dari Program Studi (Prodi) Magister Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata, dengan IPK 3,77 (Predikat kelulusan Dengan Pujian).

Lala yang merupakan putri dari pasangan Dr. Hindarko Boentoro, M.A. dan Liem, Claudy Moreensi serta lahir di Semarang pada tanggal 29 September 1995 adalah alumnus dari Prodi Teknologi Pangan Unika Soegijapranata.

Judul Tesisnya “Reduction of Microbial Contaminant on Strawberries (Fragaria x ananassa) by The Application of Acidic and Alkaline Electrolyzed Water” memiliki latar belakang yang cukup menarik yaitu timbul dari keinginannya untuk meneliti dan mengurangi resiko penyebaran wabah penyakit akibat konsumsi buah yang terkontaminasi pada buah stroberi yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan cenderung dikonsumsi segar, namun memiliki umur simpan yang cenderung pendek. Sehingga untuk memperpanjang umur simpan dan mengurangi resiko penyebaran wabah penyakit akibat konsumsi buah yang terkontaminasi, maka perlu dilakukan penurunan jumlah mikroorganisme pada permukaan buah. Metode yang dipilih yakni pencucian dengan electrolyzed water yang sudah terbukti dapat menurunkan jumlah mikroorganisme pencemar pada buah-buahan lain.

Saat ditanya tentang tantangan yang muncul saat mengerjakan tesis, Lala mengemukakan,”Semua tahap memiliki tantangannya tersendiri. Namun jika harus memilih salah satu, yang paling menantang adalah proses pengumpulan data (analisa laboratorium) dan interpretasi data.”

Demikian pula Lala juga menuturkan banyak dukungan dari keluarga dan teman-teman yang sangat banyak membantu dan memotivasi saya. “Starting is half the task”, “jangan hanya kecipratan, nyebur sekalian”, “Try to do more than is required of you” , “Stay humble” karena di atas langit masih ada langit, dan banyak quotes-quotes seperti ini dari mereka yang memotivasi saya.

Selain itu juga rasa syukur Lala haturkan kepada Tuhan Yesus serta terima kasih kepada para pejabat fakultas, dosen pembimbing, seluruh dosen, laboran, dan staf Fakultas Teknologi Pertanian atas segala bantuan dan dukungannya.

Takala ditanya pesan apa yang akan disampaikan kepada para mahasiswa yang masih studi, Lala menuturkan, “In every job that must be done, there is an element of fun. You find the fun and snap! The job’s a game” – Mary Poppins. (SF)

Kategori: ,