Banyak Peminat, Unika Perpanjang Masa Pendaftaran Program S-3 Ilmu Lingkungannya
Jumat, 6 April 2018 | 15:46 WIB

Unika Soegijapranata sebagai salah satu perguruan tinggi yang telah mendapat peringkat A dalam Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) di Indonesia, saat in telah membuka Program Doktor (S-3) Studi Ilmu Lingkungan seperti yang tercantum dalam surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 620/ KPT/ I/ 2017.

Dalam rangka itu pula, maka pada hari Jumat (6/4) bertempat di Gedung Thomas Aquinas Unika, telah diadakan pelaksanaan test wawancara kepada para calon mahasiswa yang dilakukan oleh tim pewawancara calon mahasiswa baru.

Dalam wawancara dengan Prof Dr Andreas Lako sebagai Ketua Program Doktor Ilmu Lingkungan Unika Soegijapranata (PDILU), Prof Andreas mengungkapkan beberapa hal  tentang Program S-3 ini, “Program Doktor Ilmu Lingkungan Unika Soegijapranata (PDILU) adalah Program Doktor Interdisipliner dengan konsentrasi khusus pada Kepemimpinan Lingkungan. Ada 4 bidang kajian utama yaitu Kajian Relasi Manusia, Bisnis dan Lingkungan; Kajian Permasalahan Lingkungan; Kajian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan; dan Kajian Valuasi Lingkungan.”

“PDILU merupakan program interdisiplin dan transdisiplin ilmu, maka calon mahasiswa dari berbagai latar disiplin ilmu dapat mengambil S3 di PDILU. Masing-masing disiplin ilmu akan diintegrasikan dan disinkronkan dengan Ilmu Lingkungan, khususnya Kepemimpinan Lingkungan. Misalnya, seorang mahasiswa dengan latar pendidikan S2 Akuntansi, apabila Ia masuk ke PDILU maka Ia akan memfokuskan riset disertasinya pada Akuntansi Lingkungan, Akuntansi Hijau, Audit Lingkungan, Perpajakan Lingkungan dan lainnya. Ketika lulus, Ia akan memiliki keahlian khusus yaitu Doktor Akuntansi Lingkungan. Apabila dari  latarnya ilmu Agama maka risetnya akan dikaitkan antara agama dan lingkungan serta disiplin ilmu lain yang mengarah kepada kepemimpinan yang berwawasan Lingkungan,” terangnya.

“Disamping itu kuliah di PDILU dirancang khusus untuk diselesaikan dalam waktu 4 tahun. Perkuliahan hanya dilakukan pada Semester 1 (12 SKS) dan  diadakan  pada setiap Jumat dan Sabtu secara penuh, sementara hari Senin-Kamis diisi independent study. Hal ini kami lakukan karena  semua calon mahasiswa yang sudah mendaftar semuanya adalah para pimpinan dan profesional di instansinya masing-masing. Sementara semester 2 hingga 8 akan diisi dengan penulisan proposal, riset dan publikasi di jurnal bereputasi internasional, seminar, ujian dan publikasi buku disertasi (60 SKS). Informasi lain, Biaya kuliah per semester adalah Rp 13,5 juta. Sesdangkan relasi mahasiswa dengan tim promotor adalah relasi kolegial. Relasi mahasiswa dengan pengelola dan para dosen PDILU adalah relasi kekeluargaan,” sambungnya.

Drs. Petrus Palgunadi, M.Si sebagai salah satu calon mahasiswa S-3 Prodi Ilmu Lingkungan Unika yang mengikuti test seleksi mengungkapkan,” Latarbelakang saya sebagai konsultan HRD atau pengembangan SDM juga sebagai Deputy Director pada sebuah perusahaan garmen di daerah Yogyakarta, mendorong saya untuk mendalami ilmu lebih lanjut di S-3 Prodi Ilmu Lingkungan di Unika. Saya melihat ada kesenjangan pengelolaan antara budaya pasar dengan budaya lokal, ini diperlukan kepemimpinan lingkungan terutama lingkungan sosial. Sedangkan industri garmen saat ini semakin berkembang, sementara di sisi yang lain ada kesulitan untuk mencari tenaga kerja. Nah Pemerintah selama ini fokus pada penguatan industri, terutama pada industri garmen yaitu pada masalah skill, tapi kepemimpinan atau leadership perusahaan yang menangani lingkungan juga perlu disiapkan karena persoalan yang muncul satu sisi adalah pasar yang orientasinya negara maju, dan sisi lain adalah pekerja yang budayanya adalah budaya berkembang. Nah ini diharapkan pemerintah dapat menindaklanjuti penelitian yang akan saya lakukan, yaitu model seperti apa sih yang bisa menyelaraskan budaya pasar dan budaya pekerja,” ulasnya.

Sebagai penutup dalam wawacaranya, Prof Andreas Lako juga menyampaikan bahwa berkenaan dengan banyaknya permintaan dari sejumlah relasi dan pihak agar masa pendaftaran mahasiswa baru Program Doktor Ilmu Lingkungan Unika Soegijapranata (PDILU) diperpanjang waktunya, maka berdasarkan kesepakatan rapat pengelola dan tim dosen pembimbing diputuskan bahwa waktu pendaftaran mahasiswa baru Program Doktor Ilmu Lingkungan diperpanjang sampai tanggal 9 April 2018.

“Bagi Bapak atau Ibu dan para sahabat yang ingin bergabung dengan PDILU, bisa mengakses ke www.unika.ac.id Program Doktor Ilmu Lingkungan atau mengontak ke a_lako@yahoo.com atau andreas_lako@unika.ac.id,” pungkasnya. (fas)

Kategori: ,