Unika Launching 3 Program Teknologi Digital
Jumat, 2 Maret 2018 | 17:10 WIB

Tiga program baru terkait teknologi digital di-launching oleh Unika Soegijapranata pada hari Jumat (2/3), dengan dihadiri oleh Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Benny Danang Setianto, SH., LLM., MIL. dan para pengelola ketiga program baru tersebut, beserta Kepala UPT Promosi dan Rekrutmen Mahasiswa (PRM) Vera Retnowati, S.T. bertempat di ruang hijau, Gedung Mikael – Unika.

Tiga program baru tersebut adalah Program S-1 E-commerce Technology, Program S-1 Digital Performing Arts dan Program S-1 Teknologi Energi.

Dalam arahannya Benny Danang Setianto menjelaskan, “Unika seperti yang kita ketahui bersama, selalu berusaha mengembangkan diri dan mendekatkan pada kebutuhan, bukan pasar. Karena jika pasar maka seakan-akan hanya mencari keuntungan sedangkan pengembangan program yang dilakukan lebih melihat tuntutan yang dikehendaki oleh zaman dalam konteks pendidikan dan konteks ekonominya, sekaligus value-value yang ingin Unika kembangkan. Mulai tahun ajaran yang akan datang, Unika sudah mempersiapkan tiga program baru Strata 1 (S-1) dengan berbagai latar belakang yang masing-masing unik.”

 

Program S-1 Teknologi Energi

“Munculnya program Teknologi Energi sebagai salah satu program baru dilatarbelakangi oleh permasalahan lingkungan akibat penggunaan bahan bakar fosil yang lama-kelamaan menipis dan adanya program pemerintah yang mendorong untuk alih energi dari bahan bakar fosil ke energi baru dan terbarukan (EDT). Oleh karena itu, muncul berbagai teknologi berbasis energi terbarukan ditawarkan oleh pihak asing misal pusat listrik tenaga surya dan pusat listrik tenaga angin. Sedangkan Indonesia mempunyai potensi energi yang baru dan terbarukan misal energi matahari, angin, air, biomassa dan fuel cell,” ungkap Dr. Leonardus Heru Pratomo, ST., MT yang membidangi Program Teknologi Energi.

“Seiring dengan perkembangan ilmu teknik elektro serta ilmu yang terkait, maka pemanfaatan energi baru dan terbarukan sangat potensial dikembangkan untuk menuju Indonesia maju. Untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia yang profesional di bidang ini dan perlu dipersiapkan agar dapat menangkap peluang tersebut,”imbuhnya.

 

Program S-1 Digital Performing Arts

Sedangkan Program Digital Performing Arts dapat menjadi pilihan bagi anak-anak muda yang kreatif dan akrab dengan teknologi. Digital Performing Arts merupakan pengayaan dari Fakultas Bahasa dan Seni yang menggabungkan dunia pendidikan dan dunia hiburan serta  dirancang untuk menjawab kebutuhan pasar akan lulusan yang fasih berbahasa Inggris sekaligus trampil menghasilkan karya seni pertunjukan  yang berbasis teknologi digital.

“Yang membedakan program ini dengan program serupa di universitas lain adalah titik berat program ini pada karya seni pertunjukan (performing arts) yang memanfaatkan teknologi digital. Oleh karena itu, proses belajar di program ini akan terdiri dari praktikum dan praktek yang menggunakan peralatan dan program digital. Praktek mahasiswa akan sekaligus menjadi bagian dari portofolio mahasiswa yang merupakan bekal bersaing dalam bisnis dan dunia kerja,”tutur Angelika Riyandari, Ph.D yang saat ini masih menjabat sebagai Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unika.

 

Program S-1 E-Commerce Technology

Selain itu, program yang tak kalah menarik dan bisa menjadi pilihan para kaum muda adalah E-commerce Technology. Dr. Bernardinus Harnadi, MT yang menjadi pengelola program E-commerce Technology menuturkan, ”Di dalam program E-commerce Technology akan mempelajari teknologi digital, pengelolaan konten, rantai pasokan, sistem pembayaran berbasis Fintech (financial technology) yang didukung dengan pemahaman hukum dan pajak sehingga dimungkinkan untuk memahami transaksi dan operasi bisnis yang lebih menyeluruh dan terintegrasi sehingga mampu membawa perusahaan berkembang pesat.”

Bernardinus menambahkan, bahwa lulusan program E-commerce diharapkan mampu menjadi wirausahawan dan pelaku di bidang bisnis online,” tambahnya. (Fas)

Kategori: , ,