Unika Gelar Kompetisi Nasional Robovaganza
Senin, 26 Maret 2018 | 9:45 WIB

image

Teknologi di bidang robotic dan mekatronika mengalami kemajuan yang sangat pesat, namun minat generasi muda di tanah air untuk bidang tersebut dianggap masih kurang dan perlu ditingkatkan. Untuk itu, kami dari Fakultas Teknik Elektro Unika Soegijapranata memfasilitasi dengan berbagai lomba, yaitu Olimpiade Matematika-Fisika untuk peserta dari SMA, SMK, MA sederajat, lomba electricity Moto Contest untuk umum, lomba Android Robo Car untuk umum, dan lomba Robo Line Follower untuk tingkat SD, SMP, SMA, SMK, MA sederajat.

Ungkapan ini disampaikan Kaprodi Teknik Elektro Unika Dr. Leonardus Heru Pratomo saat melakukan jumpa pers dengan awak media, Senin 19 Maret 2018 di kampus Bendan Dhuwur.

Dikatakan oleh Heru, lomba kali berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya hanya sebatas tingkat DIY-Jateng, untuk tahun ini diperluas menjadi tingkat nasional.

Ia menjelaskan, khusus untuk kompetisi Android Robo Car, dari pihak panitia menyediakan  mobil balap mainan berbasis android  sebagai sarana lomba dari hasil rakitan mahasiswa kami.

“Untuk menghasilkan karya ini kami butuh melakukan riset selama tiga bulan. Biaya pembuatannyapun tidak terlalu mahal, karena bahan material mudah didapat dan relatif murah. Tidak menutup kemungkinan karya mahasiswa ini akan kita usulkan mendapatkan hak cipta, jika sekiranya memenuhi ketentuan yang kita inginkan.” kata Heru

Lomba akan dilangsungkan pada Sabtu, 24 Maret 2018, diawali dengan registrasi ulang. Bagi yang berminat untuk informasi selengkapnya dapat menghubungi Sekretariat panitia RNC 2018.

Tampat gambar : Karya mahasiswa Teknik Elektro Unika berupa android Robo Car yang akan dijadikan sarana lomba bagi peserta.

http://www.kopertis6.or.id

Kategori: