Unika Bekali Para Calon Pendidik Di Fakultas Kedokteran
Rabu, 21 Maret 2018 | 15:02 WIB

Pelatihan dan Pengenalan Kurikulum Program Studi Pendidikan Dokter  Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata telah diselenggarakan pada hari Sabtu (17/3) bertempat di hotel Noormans Semarang.

Ketua umum yayasan Sandjojo Dr. Aloysius Agus Suryono, MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para peserta dan mitra rumah sakit yang telah datang dan mengikuti acara pelatihan, “Kami dari Yayasan Sandjojo memang sangat ingin sekali mewujudkan Fakultas Kedokteran ini, karena Fakultas ini sudah digadang-gadang oleh para pendiri yayasan yang notabene para dokter. Dan baru tahun 2014 ada kesempatan dengan dibukanya moratorium dan Prof Sidhartani mengajukan pendirian Fakultas Kedokteran. Tantangan terbesar pada pendirian Fakultas Kedokteran adalah SDM (Sumber Daya Manusia), sehingga kami sangat menghargai ibu dan bapak atas peran sertanya dalam mendukung pendirian Fakultas Kedokteran Unika. Kami dari yayasan Sandjojo dan Unika Soegijapranata akan mencoba memenuhi segala yang dibutuhkan termasuk sarana prasarana untuk pendirian Fakultas Kedokteran Unika. Salah satunya adalah fasilitas kampus di BSB yang dipersiapkan untuk Fakultas Kedokteran Unika,” tuturnya.

Dra. Cecilia Titiek Murniati, MA., PhD. selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik yang mewakili Rektor Unika Soegijapranata menyatakan,” Unika sudah lama memiliki komitmen untuk membuka Fakultas Kedokteran, hal ini nampaknya sudah hampir terlaksana. Selama ini sudah banyak persiapan yang dilakukan, antara lain perekrutan dosen yang sudah memenuhi klasifikasi, mempersiapkan sarana dan prasarana, menjalin kerjasama dengan beberapa mitra  termasuk diantaranya adalah Fakultas Kedokteran Pembina, dan dalam hal ini saya mewakili Rektor mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung berdirinya Fakultas Kedokteran,” ucapnya.

Lebih lanjut Cecilia menjelaskan,”Unika Soegijapranata dengan mottonya ‘Talenta Pro Patria Et Humanitate‘, menyadari bahwa dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, pembangunan kesehatan harus memenuhi tiga unsur utama diantaranya adalah peningkatan kompetensi sumber daya manusia yang memberikan pelayanan kesehatan. Karena itu Unika Soegijapranata mempunyai komitmen untuk mewujudkan pembukaan Fakultas Kedokteran Unika. Salah satu prasyarat penting dalam pembukaan Fakultas Kedokteran adalah program pekerti yang tujuannya untuk meningkatkan kompetensi profesional dosen terutama meningkatkan ketrampilan pedagogi. Hal tersebut karena Fakultas Kedokteran Unika mempunyai pendekatan Socio-Medico-Humaniora yang menekankan pada keterkaitan antar profesi yakni kolaborasi antara profesi dokter dengan profesi yg lain. olehsebab itu  Unika mengadakan acara ini untuk membekali para dosen sehingga apa yang akan dilakukan nantinya dapat mendukung visi dan misi Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata,” tuturnya.

Pelatihan dan Pengenalan Kurikulum Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata ini, dihadiri oleh pihak Yayasan Sandjojo, Rektorat Unika, Direktur Rumah Sakit Mitra serta para calon dosen Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata. (Fas)

Kategori: ,