Mahasiswa Harus Siapkan Ini Untuk Bisa Bekerja di Perusahaan
Rabu, 28 Maret 2018 | 14:01 WIB

Unit Pelayanan Teknis (UPT) Soegijapranata Student Career Center (SSCC) Unika Soegijapranata bekerja sama dengan PT MAS Sumbiri sebagai salah satu perusahaan manufacturing yang bergerak di bidang produksi pakaian dan multinasional, pada hari Selasa (27/3) telah mengadakan kegiatan Career Day and Walk-In Interviews, yang diselenggarakan di ruang seminar gedung Mikael, kampus Unika Soegijapranata.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Rektor Unika Soegijapranata Prof. Dr. F Ridwan Sanjaya, MS., IEC dengan didampingi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. V Kristina Ananingsih, ST., M.Sc.

Dalam wawancara singkat, Rektor Unika menjelaskan tentang realisasi salah satu butir MoU antara Unika Soegijapranata dengan PT. MAS Sumbiri yang menjadi mitra dalam melakukan perekrutan lulusan Unika,”Beberapa hal Out of the box yang harus dipersiapkan oleh lulusan ketika masuk dunia kerja itu nanti akan dipaparkan dalam acara Career Day ini yang mengusung tema “Disrupt Yourself”. Suatu kegiatan yang baik dan perlu dilakukan terus menerus, supaya para mahasiswa  terbuka wawasannya sehingga bisa mempersiapkan diri ketika nanti bekerja. Karena apa saja yang mereka harus pelajari, tonjolkan dan dimunculkan dalam setiap geraknya itu bisa dibaca oleh pemilik perusahaan. Dan kalau dikaitkan dengan Disrupt youself tadi, cocok dengan apa yang dijalankan oleh universitas. Jadi universitas itu tidak mau menjalankan hal seperti biasanya, harus melampaui dari yang ada untuk memenangkan kondisi-kondisi yang ada dan tidak pasti di masa depan.”

“Adapun kedatangan pimpinan PT. MAS Sumbiri ke Unika Soegijapranata itu antara lain  yang pertama adalah Kepedulian mereka terhadap lulusan Unika Soegijapranata yang sekarang sudah banyak yang kerja disana. Yang kedua, mereka percaya dengan Unika sehingga mereka terjun langsung untuk memberikan hal-hal atau wawasan yang dibutuhkan, sehingga apabila kegiatan ini dilanjutkan akan banyak berdampak bagi mahasiswa yang ada di Unika,” terang Prof. Ridwan.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Rektor Unika, Silvia Noviani Tamira sebagai Executive Human Resource PT MAS Sumbiri menjelaskan,” Pada dasarnya kami saat ini memang banyak membutuhkan tenaga muda yang bisa memberikan kontribusi kepada kami berupa ide-ide baru yang kreatif yang biasanya dimiliki oleh lulusan fresh graduate. Lulusan yang kami tuju salah satunya adalah Unika Soegijapranata, karena di tempat kami sudah memiliki beberapa karyawan yang merupakan alumni dari Unika, disamping itu juga adanya MoU yang sudah ditandatangani antara Unika dengan PT. MAS Sumbiri tentang magang dan perekrutan.”

Selain itu Silvia juga menambahkan pula, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh para mahasiswa saat akan bergabung dengan PT. MAS Sumbiri, antara lain adalah sudah dinyatakan lulus sarjana dan tinggal menunggu wisuda, memiliki kemampuan berbahasa Inggris terutama untuk meeting dengan pihak manajemen, memiliki kepercayaan diri yang kuat, memiliki kemampuan problem solving, presentasi, leadership dan analisis. (fas)

Kategori: ,