Final Soegijapranata Basket League (SBL) 2018
Selasa, 6 Maret 2018 | 8:17 WIB

Skor akhir final Putri dan PutraSetelah sebulan melakukan serangkaian Season dan babak Play-Off, Soegijapranata Basket League (SBL) akhirnya mencapai babak akhir. Sporthall menjadi tempat diselenggarakannya acara tahunan tersebut. Babak final pertama telah dilaksanakan pada Jumat, 2 Maret lalu, dengan kondisi sementara Tim Basket Putri SMA Tri Tunggal & Tim Basket Putra SMA Theresiana yang memimpin kedudukan. Sementara babak final kedua dilaksanakan pada Sabtu, 3 Maret lalu.

Pertandingan babak final kedua adalah pertandingan yang paling ditunggu-tunggu oleh kurang lebih 290 penonton yang hadir di Sporthall. Pertandingan ini dimulai dari pukul 17.30 WIB sampai pukul 22.15 WIB. Babak final kedua ini telah menghasilkan dua pemenang yakni Tim SMA Tri Tunggal untuk fraksi Putri dengan perolehan skor 52-44 dan Tim SMA Theresiana untuk fraksi Putra dengan perolehan skor 50-51.

Gambar 2 Prosesi pengalungan medali dan pertandingan tim Putri Gambar 3 Prosesi pengalungan medali dan pertandigan tim Putra

Ketika ditanya kesan dari pertandingan ini, Nia TItin, kapten dari Tim Putri SMA Tri Tunggal berpendapat bahwa kondisi tim mempengaruhi permainan, jangan terlalu santai maupun jangan terlalu panik. "Kekuatan tim, karna kita mau kerja keras dan ingin juara", itulah yang dikatakan Nia ketika ditanya mengenai kunci kemenangan mereka. Nia sendiri berpesan pada adik-adik kelasnya, sebagai penerusnya, untuk tetap meneruskan prestasi di kemudian hari. Tak lupa, Nia pun berterima kasih pada semua orang yang telah membantunya. "Terimakasih untuk orang tua, terimakasih untuk Coach Wiwid yang selalu mendukung, selalu ngingatin (dan) membentuk motivasi ketika kita di atas ataupun di bawah", ujarnya.

Di sisi lain, Kapten Tim Putra SMA Theresiana, Bryant Fernando, memiliki kesan tersendiri dalam pertandingan final putra. "Awalnya Theresiana leading jauh, terus kita kehilangan konsisten kita sempat terkejar (dan) sempat unggul Terang Bangsa, tetapi kita gak mau kalah, semangat kita ada terus dan kita bisa", ujar Bryant. Bryant sendiri mengatakan bahwa kunci keberhasilan SMA Theresiana untuk bangkit lagi di 5 menit terakhir, adalah saling support pada saat down maupun pada saat semangat. Selain itu, dengan adanya rasa kekeluargaan, seisi tim dapat saling menguatkan satu sama lain.

Gambar 4 Foto Bu Kristina bersama top scorer; Ian Satrio Abhi Reiki dan Langgeng Putri MelindaPada pertandingan final tim putra ada kejadian yang menarik. Sempat tertinggal lima angka, dengan skor 46-51 pada tiga menit terakhir, SMA Terang Bangsa sempat mendapatkan secercah harapan di detik-detik akhir. Namun sayang, skor berakhir tragis 50-51. Gemuruh sorak sorai penonton mengiringi kemenangan Tim Putra SMA Theresiana.

 Coach Anggi, pelatih dari Tim Putra SMA Theresiana, mengatakan bahwa ia cukup bangga dengan prestasi terbaru tim yang dilatihnya. "Kebetulan Tim Theresiana ini sudah dipanggil dari awal mulai SBL, di tahun pertama. Tim Theresiana belum bisa mendapat juara lah. Namun di tahun kemarin tim kita udah juara, kemudian tahun ini kembali lagi kita menjadi juara 1 dengan musuh yang sama", tutur Coach Anggi. Lanjutnya, ia berharap untuk kedepannya agar event ini dapat semakin maju dan menjadi lebih bagus lagi dari tahun-tahun sebelumnya.

Gambar 5 Foto Bu Kristina bersama MVP; Mekhail Fidel Afloubun dan Nia TitinSetelah diselenggarakannya Perayaan Pemenang Tim Finalis, acara yang juga sama ditunggu adalah pengumuman Top Scorer dan MVP (Most Valuable Player) dari SBL 2018. Untuk Top Scorer Putri diraih oleh Langgeng Putri Melinda dan Top Scorer Putra diraih oleh Ian Satrio Abhi Reiki. Sedangkan MVP Putri dicapai oleh Nia Titin dan MVP Putra dicapai oleh Mekhail Fidel Afloubun. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kristina Ananingsih menyerahkan medali, piala dan hadiah uang pembinaan untuk seluruh tim yang meraih juara dan pemain berprestasi.

Dengan demikian penyelenggaraan Soegijapranata Basketball League 2018 telah secara resmi berakhir. Sampai bertemu lagi di SBL tahun berikutnya.

Reporter: Jeffrey C. T. (UKM Paraga)

Kategori: