Peduli Lingkungan Hutan Kampus Unika
Rabu, 14 Februari 2018 | 16:10 WIB
Aksi kerja bakti pembersihan sampah di sekitar pendopo, Sabtu (10/01/2018).

Aksi kerja bakti pembersihan sampah di sekitar pendopo, Sabtu (10/01/2018).

Paragaunika – Kampus Unika Soegijapranata Semarang akan memiliki taman baru pada tahun 2018 ini, yaitu Taman Wanasaba Unika yang terletak di sekitar hutan kampus dari pendopo sampai ke arah sisi selatan sporthall.

“Saat perancangan  belum tercetus nama, hanya membuat konsep taman saja. Taman ini diberi nama Taman Wanasaba, wanasaba sendiri berasal dari bahasa Sansekerta  yang berartikan Wana artinya Hutan sedangkan Saba yang berarti berkunjung. Saya mempunyai pemikiran untuk pembuatan taman tersebut, karena apabila hutan (hutan kampus) ditata dengan baik maka mahasiswa bisa menikmati fungsi tersebut yaitu sebagai tempat belajar dan menunjang kegiatan akademik“ ujar Ardika Rachmad, ketua program hutan kampus Taman Wanasaba. Ardika menambahkan “Ide pembuatan taman ini pada awalnya hanya membuat taman kecil di dekat sporthall sebagai tempat berkumpulnya mahasiswa pecinta alam. Akhirnya berlanjut untuk memanfaatkan lahan kosong taman kampus di Unika untuk dijadikan taman dengan konsep alam yang memberikan ketenangan”.

Ide dan perancangan pembuatan Taman Wanasaba ini murni dari anggota pecinta alam Unika Soegijapranata (Wanacaraka, Mahepala, Mahupa dan Marseala). Seluruh anggota UKM diajak untuk berpartisipasi dalam proses pembuatan taman Wanasaba ini. Direncanakan lahan pembuatan taman dimulai dari pendopo sampai ke sisi selatan sporthall. Taman tersebut direncanakan akan memiliki 2 konsep ruang, yaitu Letter S atau ruang terbuka hijau (taman, sitting group, botanical garden) sedangkan ruang yang kedua adalah ruang hijau lestari, yaitu hutan kampus yang mempertahankan sesuai bentuk aslinya. Lokasi lahan kosong hutan kampus ini dekat dengan ruang UKM, sehingga UKM yang selama ini hanya berkegiatan indoor dapat melakukan kegiatan outdoor.

Wakil Rektor III, Dr. V. Kristina Ananingsih, ST. MSc. sangat mendukung adanya pemanfaatan lahan kosong hutan kampus untuk dijadikan taman yang bermanfaat bagi mahasiswa sebagai tempat belajar tentang alam, menumbuhkan cinta terhadap lingkungan dan sarana tempat berkegiatan di lingkungan kampus.

Mahasiswa anggota pencinta alam Unika dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unika sebanyak 40 orang mahasiswa bersama-sama melakukan pembersihan lahan taman kampus pada hari Sabtu, 10 Februari 2018. Harapannya, mahasiswa bisa tergerak bersama-sama untuk memberi perhatian ke lingkungan sekitar khususnya dalam pengembangan taman di hutan kampus Unika. Selanjutnya, pengembangan hutan kampus akan mengajak pihak sponsor eksternal untuk mendukung sarana dan prasarana yang diperlukan.

Foto-foto kegiatan

clip_image002 clip_image004 clip_image006

Narasumber: Ardika Rachmad, Fakultas Hukum dan Komunikasi angkatan 2011

Penulis: Anita/LPM Paraga

Kategori: