Dosen Muda Yang Mengajar di Almamaternya
Senin, 19 Februari 2018 | 7:42 WIB

Ketertarikannya pada dunia teknik informatika membuat An Nisa Santi bergabung menjadi dosen di Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) Unika Soegijapranata sejak Agustus 2016 yang lalu. Dosen yang lebih akrab disapa An Nisa juga merupakan alumni dari fakultas yang sama tempat ia mengajar saat ini di Unika Soegijapranata.

Saat ini An Nisa mengajar dengan konsentrasi di bidang web programming. Menurutnya, bidang web programming yang menjadi bidang konsentrasinya sangat membutuhkan perpaduan kemampuan yang baik antara pemrograman dan juga desain. Dalam pemrograman banyak sekali digunakan logika. “Tetapi desain juga memiliki faktor penting. Jangan sampai desain yang telah dibuat justru malah menyulitkan pengguna,” jelasnya. Menurut An Nisa, kemampuan ini bisa ditingkatkan dengan banyak latihan serta jam terbang.

Sebagai dosen teknik informatika, ia melihat bahwa prospek kerja di bidang web programming ke depannya terbuka luas. Mengingat bahwa web programming sangat dibutuhkan dalam aplikasi-aplikasi. “Banyak dari alumni Unika yang membuka usaha sendiri ataupun bekerja di bidang pembuatan software,” tambahnya.

Awalnya, ia mengaku sama sekali tidak punya rencana untuk menjadi seorang dosen. Namun alumni Unika Soegijapranata yang lulus pada bulan September 2014 ini bercerita bahwa ketika ia menyelesaikan tugas akhirnya, salah satu dosennya mengatakan bahwa ia mungkin cocok  untuk menjadi dosen. Sejak saat itulah dalam benaknya terpikirkan untuk menjadi dosen.

Dosen yang hobi bermain game ini mengaku sangat menikmati mengajar web programming. Ia selalu menekankan pentingnya berpikir kreatif dan juga kerjasama atau teamwork dalam kelompok saat mengerjakan tugas berkelompok. Dalam mengerjakan tugas atau project, An Nisa akan mengajak mahasiswanya untuk membahas dan berdiskusi bersama-sama, mencari tahu problem atau permasalahan yang dihadapi dan memikirkan solusinya. Dengan demikian, mahasiswa akan terlatih untuk berpikir kritis. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya memiliki kemampuan komunikasi yang baik di depan publik. Oleh karena itu, dalam kelasnya ia selalu melatih mahasiswa untuk berlatih mempresentasikan hasil project mereka untuk dikomunikasikan di depan kelas. Karena menurutnya penting juga memiliki kemampuan untuk bisa menjelaskan program yang ada kepada masyarakat nantinya. Ia berharap supaya mahasiswa Unika nantinya akan dapat menjadi pribadi-pribadi yang unggul. (B.Agth)

Kategori: ,