Unika Tambah Gubes limu Teknik Elektro
Jumat, 12 Januari 2018 | 9:43 WIB

WWS 12_01_2018 Unika Tambah Guru BesarDi awal 2018, Unika Soegijapranata Semarang kembali menambah jumlah profesor, seiring dikukuhkannya Prof Dr Ir Ign Slamet Riyadi MT, sebagai guru besar (gubes) Bidang Ilmu Teknik Elektro Fakultas Teknik Unika, di Gedung Teater St Thomas Aquinas, Kampus Bendan Dhuwur, Kamis (11 /1).

"Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dalam beberapa dekade terakhir, menunjukkan kemajuan yang sangat cepat. Teknik elektro sebagai salah satu cabang Iptek, sangat terasa perannya dalam memberi kontribusi," papar Slamet Riyadi, dalam orasi ilmiah berjudul ‘Konverter Statis dalam Teknologi Ramah Lingkungan’, di sela pengukuhan.

Kontribusi itu, katanya, termasuk elektronika daya, dimana aplikasi komponen semikonduktor untuk mengendalikan dan mengkonversikan daya listrik. Dalam bidang tersebut, tercakup pengubahan AC-DC (rectifier), DC-DC (chopper)dan DC-AC (inverter)," tambahnya.

Ia mengatakan, di Indonesia pembangkitan energi listrik masih didominasi penggunakan energi berbasis fosil. Hal ini dapat dilihat pada PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap), PLTGU (Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap), PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas) dan PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel). Beberapa pembangkit sudah menggunakan energi nonfosil meliputi PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) dan PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi).

Sementara, Rektor Unika Soegijapranata Prof Ridwan Sanjaya menyambut baik capaian yang diraih Prof Riyadi. "Beliau menjadi guru besar ke-7 bagi Unika Soegijapranata Selain itu, juga guru besar yang pertama dikukuhkan pada masa kepemimpinan saya sebagai Rektor Unika Soegijapranata. Harapannya, akan semakin banyak lagi guru besar di lingkungan Unika pada masa mendatang," terangnya.

â–ºWawasan 12 Januari 2018, hal. 20

Kategori: