Unika Miliki Guru Besar Pertama di Jateng Bidang Teknik Elektro
Jumat, 12 Januari 2018 | 10:05 WIB

 TRB 12_01_2018 Unika Miliki Gubes Pertama Bidang Elektro

Dosen Teknik Elektro Fakultas Teknik Unika Soegijapranata Dr Ir Slamet Riyadi dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Elektro Unika Soegijapranata, Kamis (11 / 1). Orasi ilmiah berjudul Peran Konverter Statis dalam Teknologi Ramah Lingkungan diterima rapat senat terbuka.

Pengukuhan guru besar itu berlangsung di Gedung Thomas Aquinas Lantai III Kampus Unika Jalan Pawiyatan Luhur IV Nomor 1 Bendan Dhuwur, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang.

Dalam kesempatan tersebut, Slamet mengatakan, teknologi ramah lingkungan sangat dibutuhkan. "Yang saya angkat, persoalan elektronika daya melalui converter statis yakni yang berbentuk saklar on-off berkecepatan tinggi," katanya.

Slamet menjelaskan, converter statis itu bisa dikembangkan untuk berbagai perlengkapan kerja industri maupun di dunia otomotif. "Dari situ saya meyakini, ini dapat berkontribusi dalam usaha green technology," paparnya .

Lulusan doktor ITB-INFT Perancis tersebut pun kembali menegaskan, sebuah conventer statis teknologi ramah lingkungan sama pentingnya dengan pembuatan teknologi mobil ramah lingkungan atau hibrida.

"Prof Dr Ir Slamet Riyadi merupakan Guru Besar ke 7 Unika Soegijapranata. Dan yang semakin membanggakan lagi, beliau menjadi guru besar pertama di Jawa Tengah dalam bidang keilmuan teknik elektro," kata Rektor Unika Soegijapranata Ridwan Sanjaya.

Dari pengkuhan tersebut, Ridwan berharap, Slamet bisa menjadi inspirasi sekaligus pemicu bagi dosen yang telah bergelar Doktor (S3) di Unika Soegijapranata untuk terus melakukan penelitian. Sehingga, kampus tersebut bakal semakin kuat terlibat dalam usaha memajukan dunia pendidikan.

â–ºTribun Jateng 12 Januari 2018 hal. 15

Kategori: