Unika Kembangkan Pemanfaatan Aplikasi SMA
Selasa, 30 Januari 2018 | 16:47 WIB

SM 30_01_2018 Unika Kembangkan Pemanfaatan Aplikasi SMA

Pada era saat ini, beragam informasi mudah didapatkan cukup dengan menggunakan  smartphone. Termasuk dalam dunia pendidikan, dimana dengan satu aplikasi pihak sekolah akan semakin mudah menjangkau orang tua siswa maupun pihak eksternal sekolah.

Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr Ridwan Sanjaya MS IEC menyatakan, generasi muda saat ini merupakan generasi Z sudah bergerak menuju generasi digital dan mau tidak mau sebagai institusi pendidikan haruslah menyentuh kalangan tersebut dengan sebuah aplikasi di smartphone yang mampu memberikan apa yang mereka butuhkan dalam sekali sentuhan.

“Kami sering melihat bahwa sekolah masih menggunakan cara konvensional dalam menginformasikan pengumuman penting melalui surat ataupun mading saja. Meskipun sudah berjalan dengan media elektronik seperti website terkadang tidak semua orang mengakses dengan cara tersebut,” kata Prof Ridwan di Semarang.

Unika selama ini mempunyai aplikasi yang menghubungkan antara mahasiswa, dosen dan wali mahasiswa yang berisi informasi dan pengumuman mengenai perkuliahan dan kegiatan yang diikuti mahasiswa. Kemudian sistem informasi dan pengumuman yang telah diterapkan di Unika, dikembangkan tingkat SMA dimana merupakan generasi Z.

Untuk itu Unika Soegijapranata menggelar workshop bagi beberapa sekolah yang sudah bekerjasama dengan kampus yang terletak di Bendan Duwur Kota Semarang untuk mengikuti pembekalan mengenai aplikasi sekolah ‘My School Apps.’ Harapannya dengan menggunakan aplikasi ini maka pihak sekolah akan semakin mudah dalam menjangkau orang tua siswa maupun pihak eksternal sekolah.

Workshop ini ditujukan untuk kalangan guru atau staf IT sekolah serta perwakilan dari pengurus OSIS di beberapa SMA yang menjadi mitra Unika Soegijapranata. Sebagai pemateri Dosen Sistem Informasi yang juga menjadi kepala UPT Manajemen Sistem Informasi Unika Albertus Yoga Widiantoro SKom MKom.

Seorang peserta guru SMA Regina Pacis Surakarta Santo menyatakan,workshop ini sangat baik dan membantu untuk pengembangan sekolah di era digital saat ini.

Apalagi siswa SMA saat ini lebih menyukai semua informasi dalam sebuah genggaman, tentu ini menjadi peluang sekolah untuk menginformasikan lebih efektif dan efisien kepada siswa maupun orang tua mengenai informasi sekolah. “Dengan adanya aplikasi ini maka sekolah yang diuntungkan,” tambahnya.

My School Apps merupakan aplikasi yang digunakan sekolah untuk menginformasikan kabar ataupun berita kepada wali murid dan dapat diakses melalui gawai.

http://www.suaramerdeka.com

Kategori: