Realisasikan Cinta Lingkungan, Universitas Bagikan Dispenser kepada BEM Fakultas dan Universitas
Senin, 22 Januari 2018 | 16:38 WIB

Sesuai dengan program pihak rektorat Unika Soegijapranata untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan kampus Unika, maka pada hari Senin (22/1) bertempat di ruang hijau gedung Mikael telah dilaksanakan secara simbolis penyerahan Dispenser kepada mahasiswa BEM masing-masing Fakultas maupun Universitas.

Penyerahan secara simbolis tersebut dilaksanakan oleh Wakil Rektor II bidang Administrasi dan Keuangan Dr. Theresia Dwi Hastuti, SE., MSi., Akt., CPA. serta disaksikan oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Dr. V. Kristina Ananingsih, ST., M.Sc. dan diterima oleh ketua BEMU Unika Soegijapranata Beva Anggun Lorita.

Dalam sambutannya Dr. Theresia memberikan penjelasan mengenai latar belakang program Cinta Lingkungan, ”Salah satu program bersama rektorat Unika Soegijapranata adalah kita cinta lingkungan. Program tersebut tercetus terkait banyaknya sampah-sampah plastik yang sulit terurai yang masih digunakan oleh masyarakat terutama di lingkungan kampus Unika, maka dari itu kita bersama baik itu tenaga pendidik, tenaga kependidikan maupun mahasiswa sebagai bagian dari civitas akademika diajak untuk bergerak mengurangi sampah-sampah plastik tersebut. Hal yang sudah dilakukan untuk tenaga pendidik dan tenaga kependidikan Unika, adalah  dibagikannya  tumbler yang nantinya bisa digunakan sebagai tempat minum yang bisa diisi ulang, sehingga dalam ruang kerja maupun rapat-rapat di kampus untuk minum tidak disediakan minuman kemasan melainkan sudah menggunakan tumbler masing-masing,” jelas Dr. Theresia.

“Gerakan ini juga meluas sampai ke mahasiswa, supaya hal tersebut dilakukan oleh mahasiswa juga. Kalau disediakan dispenser harapannya mahasiswa dapat mengambil air minum dari situ, dan dikelola dengan baik mulai siapa yang akan mengisi saat habis dan bagaimana cara mengambilnya. Bisa juga dengan model kantin kejujuran, artinya nanti untuk sementara masing-masing fakultas akan dibagikan 1 dispenser dan dua galon, setelah itu para mahasiswa kelola sendiri dengan dana yang digali menggunakan sistem kantin kejujuran. Nanti dalam jangka waktu tertentu kita evaluasi realisasi gerakan cinta lingkungan ini,” tambahnya.

Respon yang muncul saat akan diberlakukannya gerakan ini, Beva Anggun Lorita juga menanggapi secara positif, seperti yang disampaikannya ketika diwawancara,” Program ini sangat bagus sekaligus mendukung program Go Green juga, karena limbah plastik memang sulit untuk didaur ulang. Kita juga tahu bahwa air memang kebutuhan yang sangat penting terutama para mahasiswa yang banyak kegiatan sampai sore hingga malam hari, dan hal tersebut ditanggapi oleh WR III dan WR II dengan program ini. Pesan saya buat teman-teman mahasiswa, silahkan digunakan dengan baik fasilitas yang diberikan oleh Universitas sebagai bentuk wujud dukungannya kepada para mahasiswa supaya terjalin kebersamaan dan kemajuan ke depannya,” ungkapnya. (Fys)

Kategori: ,