PROF DR IR SLAMET RIYADI MT – Dikukuhkan Sebagai Guru Besar
Kamis, 11 Januari 2018 | 11:24 WIB

KR 11_01_2018 Dikukuhkan sebagai Guru BesarUniversitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang menambah jumlah guru besar (gubes), menyusul dikukuhkannya Prof Dr lr Slamet Riyadi MT sebagai guru besar bidang Teknik Elektro oleh Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr Ridwan Sanjaya SE SKom MSIEC di kampus Unika, hari ini Kamis (11/1). Pengukuhan dosen teknik elektro Unika Soegijapranata lulusan Undip (S1 ),ITB (S2) dan ITB-INPT Perancis (S3) ini menjadikan Unika saat ini memiliki 7 guru besar. Prof Dr Slamet Riyadi tercatat sebagai guru besar bidang teknik elektro pertama seJateng.

Slamet Riyadi menyampaikan pidato pengukuhan tentang `Peran Konverter Statis dalam Teknologi Ramah Lingkungan’, terkait peran ilmu elektro dalam upaya ramah lingkungan sejalan dengan kebijakan teknologi ramah lingkungan. "Saya mengangkat persoalan elektronika daya lewat converter statis (berbentuk saklar on off berkecepatan tinggi) yang bisa dikembangkan untuk berbagai peralatan mesin atau kendaraan sehingga bisa berkontribusi pada green technology. Teknologi ini banyak diaplikasikan pada berbagai riset panel surya dan di bidang electric vehicle atau kendaraan elektrik yang mulai berkembang pesat saat ini," ujar Slamet Riyadi, Rabu (10/1).

Terkait perkembangan kendaraan atau mobil listrik Indonesia, menurut Slamet Riyadi, pemerintah menempuh kerja sama dengan pihak luar negeri. Sehingga pihak luar negeri harus membuat mobil ramah lingkungan, mobil hibrida. Rektor Unika Soegijapranata Semarang Prof Dr F Ridwan Sanjaya SE SKom.MSIEC menyampaikan apresiasi atas prestasi Prof Dr lr Slamet Riyadi MT sebagai guru besar dan pertama di Jateng untuk bidang ilmu teknik elektro se Jateng. Berharap bisa memacu dosen bergelar S3 lainnya di Unika segera meraih jabatan fungsional tertinggi guru besar.

â–ºKedaulatan Rakyat 11 Januari 2018 hal. 14

Kategori: