Melangkah Maju Bersama
Rabu, 17 Januari 2018 | 10:57 WIB

Warna 15_01_2017 Melangkah Maju Bersama

Oleh : Ridwan Sanjaya

“Setiap individu memiliki peran dalam mewujudkan program-program yang dicanangkan oleh organisasi melalui talentanya masing-masing”

Perubahan yang sangat cepat pada masa sekarang ini, telah menciptakan berbagai bisnis baru yang tidak terbayangkan sebelumnya. Siapa yang dulu pernah membayangkan pemilik-pemilik motor dari rumahnya masing-masing bersedia dihimpun untuk menerima tugas mengantar seseorang melalui sebuah aplikasi ponsel dan menerima honor untuk setiap tugas yang dikerjakannya? Kini Gojek, Uber, dan Grab sudah menjadi hal yang biasa kita lihat sehari-hari bahkan nilai perusahaan mereka melebihi perusahaan transportasi sejenis yang sudah ada.

Fenomena sejenis juga dapat dilihat dari pemilik kamar kamar atau rumah yang bersedia disewa oleh orang lain melalui aplikasi ponsel seperti AirBNB, Airy Rooms, ZenRooms, RedDoorz, Agoda ataupun Traveloka. Meskipun perusahaan-perusahaan ini tidak memiliki aset kamar, rumah, maupun hotel, transaksi finansial yang dihasilkannya telah melebihi usaha perhotelan yang sudah berdiri sebelumnya.

Satu lagi usaha yang akhir-akhir ini sering muncul di iklan radio yaitu UangTeman.com berhasil menghimpun para pemilik-pemilik dana yang jumlah dananya mungkin tidak besar namun dalam jumlah banyak. Mereka membantu orang-orang yang ingin meminjam dana namun dalam jumlah yang tidak terlalu besar dan tidak mau direpotkan dengan prosedur peminjaman yang rumit. Bisnis yang termasuk dalam kategori Financial Teknology (fintech) akan banyak mengubah dunia perbankan di masa yang akan datang.

Kekuatan bersama yang terhimpun oleh berbagai jenis bisnis baru yang tersebut pada contohnya di atas ternyata bukan hanya membuka peluang bagi para pemilik motor, kamar, dana atau aset yang lain tetapi menguntungkan masyarakat yang menggunakan jasa mereka karena selain mudah dalam memperoleh produk atau jasa yang diinginkan, harga yang didapat juga lebih murah. Padahal kekuatan yang bisa dihimpun bersama bukan hanya bicara tentang kendaraan, kamar, ataupun dana saja, tetapi semua potensi atau talenta yang dimiliki oleh kita sebagai manusia. Talenta tersebut bisa dalam bentuk ide, karya, atau layanan.

Kekuatan bersama yang dihimpun untuk menghasilkan solusi ini sering disebut dengan istilah “crowdsourcing” atau jika diartikan secara bebas mempunyai makna menggalang peran serta banyak pihak dalam mengumpulan sumber daya yang dibutuhkan. Jika dikaitkan Gojek, maka yang dihimpun adalah peran serta orang-orang yang bersedia mengantar orang lain dengan menggunakan kendaraannya masing-masing.

Melalui crowdsourcing tersebut, misalkan ada anak-anak yang sedang mengalami kesulitanan finansial untuk membayai sekolahnya, maka dengan kebersamaan dari seluruh masyarakat yang dikumpulkan melalui sistem berwujud aplikasi ponsel, maka solusi dalam membiayai sekolah anak-anak tersebut dapat lebih mudah tercapai.

Keterlibatan banyak pihak untuk dapat mendorong organisasi berkembang menjadi lebih baik sekarang ini semakin dimudahkan dengan keberadaan teknologi. Sebugai contoh, website My Starbucks Idea berhasil mengumpulkan lebih dari 190.000 ide dari para pecinta Starbucks. Hasilnya, terdapat 300 ide yang sukses diterapkan oleh Starbucks dan disukai oleh pecinta Starbucks. 

Jika hal tersebut diterapkan dalam organisasi, maka langkah untuk maju bersama akan semakin ringan. Setiap individu memiliki peran dalam mewujudkan program yang dicanangkan oleh organisasi melalui talentanya masing-masing. lde, karya, atau layanan yang dimiliki oleh setiap individu dapat menjadi kekayaan organisasi yang salah satu atau beberapa diantaranya bisa menjadi kelebihan dari organisasi ini.

_____________________________
Prof. Dr. Ridwan Sanjaya MS.IEC
Rektor UNIKA Soegijapranata

►Warna  edisi 15/Januari 2018

Kategori: