Gemar Jalan Kaki
Sabtu, 20 Januari 2018 | 20:28 WIB

INDONESIA, bagi Dana Bratu seakan sudah menjadi negara keduanya. Betapa tidak, mahasiswa darmasiswa asal Rumania yang menimba ilmu di Unika Soegijapranata ini, tiga tahun tinggal di Kota Semarang.

Alumnus University of Bucharest Rumania ini, sebelumnya juga pernah menetap di Indonesia selama beterapa tahun guna memperdalam ilmunya di bidang kepariwisataan, perempuan 24 tahun ini menginjakkan kaki di Indonesia lagi sebagai mahasiswi darmasiswa.

“Saya ingin mengembangkan wawasan dan menantang diri sendiri, agar beradaptasi di lingkungan baru. Ada banyak perbedaan budaya antara Rumania dengan Indonesia yang menjadikan tantangan tersendiri. Hal yang paling mencolok soal budaya transportasi umum,” papamya kepada Koran Pagi Wawasan, belum lama ini.

Dia menilai, kesadaran masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan transportasi umum masih rendah. Mereka, kata Dana, lebih sering memilih menggunakan kendaraan pribadi dibanding transportasi umum.

“Awalnya saya sempat terkejut, sebab banyaknya kendaraan menyebabkan kemacetan, terutama di jalan-jalan protokol. Di sini kendaraan bermotor menjadi alat transportasi utama,” terang Dana.

Bagi dia, menggunakan transportasi umum dan berjalan kaki merupakan hal yang sudah biasa dilakukan di negaranya.
Meski demikian, Dana mengaku, untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, termasuk di Semarang.

“Saya juga akhirnya menggunakan kendaraan pribadi, untuk menjelajah seluk beluk Kota Semarang,” tambahnya.

Terlepas dari itu, Dana mengaku, menikmati beragam budaya istiadat, makanan hingga pesona alam Indonesia. Bicara soal alam, mendaki gunung menjadi salah satu hobi yang digelutinya.

Dalam memperdalam ilmu kepariwisataan, Dana mengaku sudah berkunjung ke beberapa daerah di Jawa, dan menyempatkan diri untuk menjelajahi keindahan pegunungan. Termasuk Gunung Muria di Kudus, Gunung Ungaran di Kabupaten Semarang hingga Gunung Bromo di Jawa Timur.

“Saya senang bisa berkunjung ke Indonesia, termasuk tinggal di Semarang. Ada banyak pengalaman yang bisa saya ambil selama ini. Tidak lupa, masyarakat Indonesia umumnya ramah-ramah, itu yang saya suka,” pungkasnya.

■ Wawasan 20 Januari 2018

Kategori: