Uskup Agung Semarang Resmikan Pastoran Johannes Maria Unika
Senin, 4 Desember 2017 | 9:31 WIB

WWS 2_12_2017 Uskup Agung Semarang Resmikan Pastoran Johannes Maria Unika
Universitas Katholik (Unika) Soegijapranata meresmikan Pastoran Johannes Maria, seiring dengan pemberkatan oleh Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko, dalam upacara misa konselebrasi ekaristi di kampus Bendan Dhuwur Jalan Pawiyatan Luhur Semarang, Kamis (30/11).

Misa konselebrasi ekaristi dipimpin oleh Selebran Utama Mgr Robertus Rubiyatmoko, dibantu empat romo konselebran, yakni Romo Aloysius Budi Purnomo Pr selaku Kepala Campus Ministry Unika, Romo Vincentius Yudho Widianto Pr sebagai romo pendamping Komisi Kerasuslan Mahasiswa (Kokerma) Kevikepan Semarang, Romo Ignatius Suharyono Pr yang merupakan Romo Kepala Paroki Gereja Santo Athanasius Agung Karangpanas Semarang, dan Romo Raymundus Sugihartanto Pr sebagai Sekretaris Yayasan Sandjojo, yayasan yang menaungi Unika Soegijapranata.

"Kita berharap, siapapun yang datang ke Pastoran Johannes Maria dapat dilatih untuk mendengarkan suara umat, dilatih untuk mewartakan kabar gembira dari Tuhan, serta bisa menjadi tempat bagi siapapun baik itu dosen, mahasiswa maupun masyarakat awam lainnya untuk mengolah pengetahuan
atau mendapatkan informasi mengenai Tuhan dan semakin mengenal-Nya," papar Mgr Robertus Rubiyatmoko.

Pengetahuan
Selain sebagai tempat untuk mengolah pengetahuan dan iman, pastoran tersebut menjadi bagian dari The Soegijapranata Institute (TSI) dalam rangka menggali spirit Mgr Albertus Soegijapranata, yang juga uskup asli Indonesia pertama di masa kolonialisme Belanda. Semangat dan visi misi Mgr Albertus Soegijapranata, yang juga pahlawan nasional Indonesia ini harus terus-menerus digali dalam rangka kemajuan Unika Soegijapranaya. Hal ini demi pengembangan bakat dan talenta untuk bangsa serta umat manusia, sebagaimana menjadi motto Unika Soegijapranata talenta pro patria et humanitate.

Kepala Campus Ministry Unika Romo Aloysius Budi Purnomo memaparkan, keberadaan Pastoran Johannes Maria, tidak lepas dari peran mendiang Uskup Agung Semarang Mgr Johannes Maria Pujasumarta. "Nama Johannes Maria, diambil dari nama beliau sebagai penghormatan atas jasa-jasanya dalam me
letakkan dasar dan memulai adanya Campus Ministry Unika Soegijapranata. Ini adalah amanat dari (Alm) Mgr Johannes Pujasumarta, beliau sangat memikirkan keberadaan rumah pastoran. Beliau juga merupakan Romo Kepala Campus Ministry di Unika Soegijapranata yang pertama yaitu pada tahun 1990," terangnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Campus Ministry Unika Roma Aloysius Budi Purnomo.

Sementara Rektor Unika Prof Dr F Ridwan Sanjaya berharap dengan adanya pastoran tersebut,dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk keluarga besar Unika.

(â–ºWawasan 2 Desember 2017 hal. 11) 

Kategori: