Unika Luncurkan Aplikasi Halo Alumni
Selasa, 12 Desember 2017 | 9:43 WIB

SM 11_12_2017 Unika Luncurkan Aplikasi Halo Alumni

Unika Soegijapranata meluncurkan aplikasi Halo Alumni pada saat wisuda periode III 2017. Mahasiswa yang telah lulus dari perguruan tinggi kemudian menjadi alumni, biasanya sibuk dan susah kembali ke almamater padahal masih membutuhkan universitasnya. 

Rektor Unika Soegijapranata Prof Ridwan Sanjaya menyatakan, bahkan alumni menganggap jika berurusan dengan kampus itu rumit dan banyak mengeluarkan banyak biaya. Padahal saat mereka sudah bekerja, muncul ide dan gagasan yang inovatif.

“Karena tidak terkoneksi gagasan itu seringkali hilang. Kami ingin Unika menjadi rumah bagi alumni yang sering dikunjungi dan sekaligus sebagai sarana komunikasi,” kata Ridwan di Unika Soegijapranata belum lama ini.

Dalam aplikasi tersebut juga dilengkapi berbagai fitur yang berguna untuk alumni, di antaranya legalisir ijazah yang selama ini harus dengan cap basah bisa digantikan dengan barcode yang lebih susah untuk dipalsukan. Fitur yang disematkan juga fasilitas crowdfunding dimana alumni bisa menjadi investor bagi startup yang sedang dikembangkan oleh almamaternya.

“Informasi-informasi mengenai lowongan kerja juga disematkan dalam aplikasi ini. Dimana alumni yang membutuhkan pekerja maupun alumni yang membutuhkan pekerjaan bisa saling berinteraksi,” tambah Guru Besar dalam bidang Sistem Informasi itu.

Menurutnya dalam era distruptive innovation tidak selalu mengganti pertemuan fisik dengan maya. Ia mengambil contoh dalam perpustakaan, menurutnya fasilitas perpustakaan di beberapa perguruan tinggi malah ditinggalkan.

“Perpustakaan merupakan paru-parunya pengetahuan dan dengan tidak adanya perpustakaan cukup membuat khawatir karena siapa yang akan berperan sebagai paru-paru pengetahuan di perguruan tinggi. Ternyata perpustakaan tidak hanya soal jumlah dan kualitas buku yang tersedia tetapi juga pustakawannya,” tuturnya.

Dengan adanya teknologi informasi, para pustakawan dapat mengajarkan seperti bagaimana menulis tidak plagiat, bagaimana tata cara penulisan referensi yang benar dan cara menelusuri pengetahuan secara digital.

Pada wisuda periode III 2017 ini, Unika Soegijapranata mewisuda sebanyak 316 wisudawan. Wisuda dilaksanakan pada hari Sabtu (9/12) bertempat di Ruang Auditorium Gedung Albertus Unika.

(►http://www.suaramerdeka.com)

Kategori: