Tingkatkan Pelayanan, Djoko Setijowarno: Lakukan Lomba Antarterminal di Indonesia
Jumat, 29 Desember 2017 | 9:13 WIB

Akademisi  Unika Soegioopranoto Semarang Djoko Setijowarno, ST, MT mengusulkan agar diadakan lomba antarterminal di lndonesia. Dengan begitu bisa memicu peningkatan pelayanan dan perbaikan fasilitas yang ada.

“Lomba tersebut bisa dimulai dari Terminal Tipe A dan dilanjutkan secara berjenjang sampai ke daerah. Dengan lomba tersebut para operator terminal termasuk Pemda bisa ikut membantu memperbaiki terminal,” kata Djoko pada FGD Ditjen Hubdat yang membahas Road Map Revitalisasi Terminal Tipe A di Jakarta, Senin (18/12/2017).

Dikatakan, saat ini sudah banyak kondisi terminal yang masih memprihatinkan. Beberapa Terminal Tipe A di Jabodetabek juga masih kurang dan harus ditingkatkan lagi pelayanannya.

Terminal di Jakarta Jadi Contoh

“Terminal Tipe A khususnya di Jakarta harus dibenahi dulu sehingga menjadi contoh bagi terminal lain di Indonesia. Kalau terminal di Jakarta saja masih buruk  bisa dibayangkan bagaimana terminal di daerah,” jelas Djoko

Jika dibandingkan dengan beberapa terminal di negara tetangga seperti Malaysia dan lainnya, menurut Djoko Indonesia jauh ketinggalan. Padahal, potensi membangun menjadi terminal yang baik sangat terbuka.

Kendati begitu,  menurut Djoko, membangun terminal yang baik, nyaman dan selamat harus didukung semua pihak.  “Operator angkutan juga membenahi diri, meningkatkan pelayanan dan sama-sama komit membangun dan membesarkan terminal,” tandas Djoko.

(►http://beritatrans.com)

Kategori: