Rumah Pastoran Unika Wujudkan Cita-cita Mendiang Mgr Johannes Pujasumarta
Minggu, 3 Desember 2017 | 0:07 WIB

Cita-cita mendiang Mgr Johannes Maria Pujasumarta menempatkan seorang pastor sebagai Campus Ministry di Unika Soegijapranata, agar bisa memberikan pelayanan yang baik setiap saat dibutuhkan dan jika ada kegiatan terkait kerohanian bisa terlaksana dengan hadirnya rumah Pastoran di lingkungan kampus.

Menurut Rektor Unika Soegijapranata Prof Ridwan Sanjaya, keberadaan rumah pastoran ini sudah dirancang jauh-jauh hari karena dalam beberapa tahun ini ada biarawan yang menetap sehingga dirasa perlu. Dulu biarawan yang ada tidak menetap permanen di kampus dan hanya kalau dibutuhkan datang tetapi kemudian Uskup Agung Semarang kala itu Mgr Johannes Maria Pujasumarta menugaskan satu orang pastor.

“Hari yang membanggakan dan penuh syukur dimana Mgr Robertus Rubiyatmoko bersedia hadir dan memberikan pemberkatan kepada rumah pastoran ini. Semoga dengan keberadaan rumah pastoran maka semangat Mgr Soegijapranata dan cita-cita Mgr Pujasumarta bisa terlaksana dan memberikan yang terbaik,” kata Prof Ridwan saat memberikan sambutan usai pemberkatan Rumah Pastoran Johannes Maria di lingkungan Kampus Unika Soegijapranata, Kamis (30/11).

Sementara itu Campus Ministry Romo Aloys Budi berharap, dengan keberadaan rumah pastoran ini maka ke depan semangat Mgr Soegijapranata dimana secara internal 100 persen Katolik 100 persen Indonesia maka secara eksternal dikembangkannya 100 persen religius dan 100 persen nasionalis. Semangat cinta tanah air dari Mgr Soegijapranata akan terus digelorakan sebagai perwujudan iman seperti yang diajarkannya dan diwariskan Mbah Soleh Darat dan KH Hasyim Asyari.

“Semangat itu gelorakan terus menerus melalui diskusi, talkshow, senian dan budaya dalam keberagaman,” tambahnya.

Ketua Yayasan Sandjojo Dr Al Agus Suryono MM menyatakan, rumah pastoran ini merupakan amanat dari Mgr Pujosumarta dimana sejak pertama kali menempatkan pastor secara permanen di Unika Soegijapranata. Tantangan ke depan adalah bagaimana pastoran ini aktif, membedah berbagai hal dan menggali nilai-nilai Mgr Soegijapranata.

(►http://jateng.news, http://www.suaramerdeka.com)

Kategori: