Indah Pada Waktunya
Senin, 4 Desember 2017 | 8:51 WIB

Feriyanto atau yang akrab dipanggil Feri, merupakan wisudawan terbaik untuk Magister Sains Psikologi di Mayor Psikologi Pendidikan pada wisuda periode III tahun 2017 Unika Soegijapranata. Pria kelahiran Tondon, 1 Februari 1990 ini adalah alumni S1 dari STAKN Toraja, Fakultas Pendidikan Kristen.

Dengan judul tesis “Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Pola Asuh Otoriter Orangtua dengan Perilaku Menyontek Siswa”, Feri dapat menyelesaikan studi magisternya dengan IPK 3,57.

Saat ditanya tentang alasannya memilih Unika Soegijapranata sebagai tempat studi lanjutnya, Feri mengemukakan pendapatnya, ”Menurut saya Unika Soegijapranata merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia khususnya di Jawa Tengah yang notabene sudah terakreditasi institusi A dan mampu bersaing, yang berarti kualitas kurikulum dan tenaga kependidikannya pasti baik pula. Selain itu dosen-dosennya humble  dan saya mendapat pengajaran baik ilmu pengetahuan maupun pengajaran kehidupan di kampus ini” ujar pria penyuka genre musik pop dan jazz ini.

“Saya memilih Magister Sains Psikologi pada mayor Psikologi Pendidikan karena saya ingin lebih mendalami perilaku manusia, khususnya psikologi pendidikan karena saya ingin terjun dalam dunia pendidikan di Indonesia serta menjadi seorang tenaga pendidik di perguruan tinggi” tambahnya.

Anak kelahiran dari pasangan Yakub Rokka dan Mariana Sandagallang ini sangat bangga bisa belajar di Unika, karena selain mendapatkan banyak ilmu pengetahuan baru, dia juga bisa belajar bahasa daerah, khususnya bahasa Jawa, meskipun pada awalnya agak kesulitan.

Feri juga mengemukakan sempat mengalami kendala dalam proses pembuatan tugas akhirnya karena faktor lokasi penelitian yang berada di Toraja, tetapi dari situlah ia mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tak lupa, Feri juga memberikan pesan kepada para mahasiswa lainnya yang masih studi, supaya fokus mengerjakan tugas yang ada dan terus membaca serta membandingkan beberapa referensi. Jangan berpikir untuk menyerah dengan melihat banyaknya tugas tapi harus dapat membagi waktu dengan baik dan terus menyemangati diri sendiri serta  seringlah berdiskusi dengan teman angkatan juga senior maupun dosen.

“Fillip 4 ayat 6 ‘Janganlah Hendaknya Kamu kuatir tentang apapun juga tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur’ – ‘Segala Sesuatu Indah Pada Waktunya’.” tutupnya. (adj)

Kategori: ,