Wujudkan “Unika Connect”, Unika Soegijapranata Jalin Kerjasama Dengan Visionet
Kamis, 23 November 2017 | 16:04 WIB

Kampussemarang 22_11_2017 Wujudkan Unika Connect, Unika Soegijapranata Jalin Kerjasama Dengan VisionetDalam rangka mewujudkan visi Unika Soegijapranata Semarang yang selama 4 tahun ke depan mengangkat tag line “Unika Connect”, maka Unika menjalin kerjasama dengan PT. Visionet Data International.

Acara penandatanganan MoU antara kedua lembaga ini dilaksanakan Rabu (22/11/2017) dihadiri Rektor Unika Soegijapranata Prof. Dr. F Ridwan Sanjaya, MS., IEC,  beserta Wakil Rektor, Dekan atau Wakil Dekan serta Kepala SSCC. Sedangkan pihak PT. Visionet Data International oleh Presiden Direktur Paulinus Soegondo beserta beberapa stafnya.

Dalam sambutannya, Prof. Ridwan Sanjaya mengutarakan beberapa hal terkait kerjasama yang baru dirintis.”Kerjasama yang ditawarkan dari Visionet ini lebih berhubungan pada visi Unika selama 4 tahun ke depan yang mengangkat tag line “Unika Connect”. “Unika Connect” itu menghubungkan talenta- talenta yang ada di Unika dengan berbagai kesempatan yang ada di luar Unika dan kesempatan itu salah satunya adalah yang ditawarkan oleh Pak Soegondo, yaitu adanya pengembangan bibit-bibit yang diarahkan ke kewirausahaan atau Start-Up, kemudian adanya kesempatan kerja atau magang bagi para mahasiswa di Visionet. Nah ini kan tidak jauh dari visi “Unika Connect” dalam 4 tahun ke depan. Jadi talenta yang ada di Unika ini bisa terhubung dengan kesempatan yang baik di masyarakat” terang Prof. Ridwan.

Halo Alumni

Lebih lanjut menurut Rektor, salah satu program kerja Wakil Rektor IV adalah mengembangkan inkubator bisnis. Sehingga salah satu yang ditawarkan Soegondo dapat terwujud dalam program kerja 4 tahun ke depan ini. Seperti halnya salah satu kegiatan yang hari ini disisipkan oleh Wakil Rektor III yaitu launching aplikasi mobile ‘Halo Alumni’  juga ada kaitannya dengan yang ditawarkan oleh Soegondo.

“Kita ingin menunjukkan bahwa kita sudah on the right track yaitu dengan pengembangan-pengembangan yang ada hubungannya dengan anak-anak muda. Kita akan meluncurkan aplikasi mobile yang namanya ‘Halo Alumni’ itu nantinya akan menggunakan konsep mutual benefit, jadi kita tidak hanya menggunakan alumni pada saat akreditasi saja tetapi kita juga memberikan kepada alumni berbagai kesempatan, seperti kesempatan di Early Karir maupun di Mid Karir yang disampaikan melalui aplikasi ini. Kita juga menyediakan beberapa layanan yang dibutuhkan para alumni terhadap universitas, seperti kebutuhan berkas-berkas untuk bekerja tidak harus datang ke kampus tapi melalui aplikasi saja. Para alumni juga mempunyai kesempatan untuk melihat adik-adik kelasnya berkembang melalui start-up atau ide-ide kreatif yang kemudian bisa para alumni danai. Diharapkan dengan didanai bisa menjadi bisnis yang menguntungkan di masa depan atau sebagai investor-investor (Fundraising) meskipun mereka baru saja lulus atau jadi alumni. Selanjutnya juga ada Prideraising dan Friendraising serta Funraising sebagai tambahan. Sehingga ‘Unika Connect’ dapat menghubungkan semua pihak, jadi tidak hanya sekedar manfaat atau keuntungan semata, tetapi juga bagaimana pertemanan atau suatu hubungan bisa tetap terjalin dengan baik,”imbuh Prof. Ridwan.

Digital University

Sementara itu Presiden Direktur PT. Visionet Data International, Paulinus Soegondo mengemukakan beberapa hal yang bisa dikembangkan dalam hubungan kerjasama dengan Unika Soegijapranata. “Semoga kerjasama ini dapat memberikan manfaat di empat sisi,  pertama kita ingin membuat Unika ini menjadi digital university, oleh karena itu kita ingin supaya Unika bisa prepare untuk menjadi digital. Dan kita ingin meningkatkan Unika lebih dikenal dan dekat dengan masyarakat sebagai universitas yang ready di digital, yang kedua kita buat business case, yang ketiga kita juga menginginkan para mahasiswa setelah lulus bisa mendapatkan pekerjaan seluas luasnya di tempat kami dan juga di Lippo Group lainnya, serta yang keempat terkait training bagi para dosen,” ungkap Soegondo.

Pada sesi akhir acara penandatanganan MoU, Kepala SSCC Unika Soegijapranata Lenny Setyowati, SS mempresentasikan aplikasi mobile ‘Halo Alumni’ yang menjelaskan banyak sekali fitur yang terdapat dalam aplikasi tersebut. Dua di antara fitur yaitu fitur ruang diskusi bagi alumni dari berbagai angkatan kuliah dan fitur informasi lowongan kerja.

(►http://www.kampussemarang.com)

Kategori: