Visitasi Kemenristek Dikti ke LPPM Unika
Jumat, 10 November 2017 | 15:02 WIB

Dalam rangka monitoring dan evaluasi kinerja kelembagaan Lembaga Penelitian dan  Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unika, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) berkunjung ke Unika guna menyelenggarakan kegiatan “Visitasi Kinerja Kelembagaan” di Kampus Unika pada Kamis (9/11). Kegiatan Visitasi yang diselenggarakan di Ruang Rapat Gedung Mikael Lantai 4 ini dihadiri oleh Rektor Unika, Para Wakil Rektor, Pejabat baru dan lama LPPM Unika serta para dosen peneliti maupun staf LPPM.

Acara visitasi dipimpin langsung oleh 2 asesor dari Kemenristek Dikti yakni Dr. Kahar Muzakar. S.Si. dan Asep Hermawan.

Dalam sambutannya, Dr. Kahar Muzakar menjelaskan,“Kami berdua diutus dari Kemenristek Dikti untuk melihat dan mengklarifikasi, tidak membenarkan atau tidak menyalahkan khususnya kinerja bidang penelitian, melainkan untuk melihat apakah pelaksanaannya sudah benar sesuai dengan yang disampaikan seperti pada laporan kepada kami,” ungkap Kahar.

Sementara itu, Rektor Unika, Prof. Dr. F Ridwan Sanjaya, MS., IEC  menyambut baik adanya kegiatan visitasi ini karena dalam lembaga LPPM khususnya dalam kegiatan penelitian memiliki pengaruh pada prestasi yang diperoleh Unika, “Tahun 2012 Unika Soegijapranata masuk dalam cluster madya, dan ternyata kami dapat meningkatkan cluster itu sehingga menjadi cluster utama pada tahun 2014. Dan hingga tahun 2017 ini kita masuk di cluster utama, tetapi kami masih tetap melaksanakan apa yang diminta oleh Dikti terutama terkait dengan penjaminan mutu dari karya-karya yang dihasilkan. Kebetulan untuk tahun 2017 ini salah satu unsur yang dinilai oleh Dikti terkait dengan penelitian juga masuk akreditasi institusi perguruan tinggi dan untuk poin tersebut bisa menunjang sehingga kami bisa mendapat peringkat A dalam akreditasi institusi” ungkap Prof. Ridwan.

Dr. Bertha Bekti Retnawati, SE.,M.Si yang merupakan pejabat baru Kepala LPPM Unika menyampaikan, “Ini merupakan kesempatan yang baik bagi kami untuk bisa memberikan hasil dari program yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan Unika. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Rektor bahwa universitas kami mendapat kepercayaan dari Kemenristek Dikti berada  dalam cluster utama selama dalam kepemimpinan Prof Andreas Lako selaku kepala LPPM sebelum saya, sehingga wajar bagi kami untuk mempertanggungjawabkan segala yang telah kami lakukan” tandas Dr. Bertha. (Holy)

Kategori: ,