Uskup Agung Semarang Berkati dan Resmikan Pastoran “Johannes Maria” Unika
Kamis, 30 November 2017 | 18:56 WIB

Setelah selesai melewati masa perencanaan dan pembangunan, Pastoran “Johannes Maria” Unika Soegijpranata diberkati dan diresmikan pada Kamis (30/11/2017) oleh Uskup Agung Semarang Mgr. Robertus Rubiyatmoko dalam upacara misa konselebrasi ekaristi. Misa konselebrasi ekaristi dipimpin oleh Selebran Utama Mgr. Robertus Rubiyatmoko dan 4 romo konselebran, yakni : Romo Aloysius Budi Purnomo Pr selaku Kepala Campus Ministry Unika, Romo Vincentius Yudho Widianto Pr sebagai romo pendamping Komisi Kerasuslan Mahasiswa (Kokerma) Kevikepan Semarang, Romo Ignatius Suharyono Pr yang merupakan Romo Kepala Paroki Gereja Santo Athanasius Agung Karangpanas Semarang, dan Romo Raymundus Sugihartanto Pr yang merupakan Sekretaris Yayasan Sandjojo.

Mgr. Robertus Rubiyatmoko atau yang akrab disapa Mgr. Rubi dalam homilinya menyampaikan pesannya, “Dengan adanya pastoran ini diharapkan siapapun yang datang ke tempat ini bisa dilatih untuk mendengarkan suara umat, dilatih untuk mewartakan kabar gembira dari Tuhan, serta bisa menjadi tempat bagi siapapun baik itu dosen, mahasiswa maupun masyarakat awam lainnya untuk mengolah pengetahuan atau mendapatkan informasi mengenai Tuhan dan semakin mengenalnya”jelas Mgr. Rubi.

Selain sebagai tempat untuk mengolah pengetahuan dan iman, Mgr. Rubi juga mengharap pastoran ini juga bisa menjadi tempat yang mempertahankan dan menghidupkan semangat serta visi misi Mgr. Albertus Soegijapranata SJ yang 100% Katolik 100% Indonesia .

Menggelorakan Semangat Mgr. Soegijapranata.

Dr. Aloysius Agus Suryono, MM. yang merupakan Ketua Umum Pengurus Yayasan Sandjojo dalam sambutannya mengungkapkan bahwa berdirinya Pastoran “Johannes Maria” ini tidak lepas dari peran (Alm) Mgr Johannes Pujasumarta Pr.

“Kita sangat bersyukur karena rumah pastoran sudah selesai dibangun. Ini adalah amanat dari (Alm) Mgr Johannes Pujasumarta, beliau sangat memikirkan keberadaan rumah pastoran. Beliau merupakan Romo Kepala Campus Ministry di Unika Soegijapranata yang pertama  yaitu pada tahun 1990” terang Dr. Agus.

Lebih lanjut Dr. Agus berharap kedepannya Pastoran “Johannes Maria” ini bisa menjadi tempat bersama guna menggali dan menghidupkan semangat Mgr. Albertus Soegijapranata SJ.

Sementara itu hal senada juga disampaikan oleh Rektor Unika Soegijapranata, Prof. Dr. F Ridwan Sanjaya, MS., IEC. selain agar Romo Budi bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk keluarga besar Unika, Prof. Ridwan juga berharap pastoran ini juga bisa memberikan perkembangan yang baik tentang semangat yang dipegang teguh Mgr. Albertus Soegijapranata.

“Semoga dengan keberadaan rumah pastoran ini maka semangat Mgr Soegijapranata dan juga cita cita Mgr Pujasumarta bisa terlaksana dan terwujud dengan baik. Tak lupa juga agar kita bisa memberikan yang terbaik untuk perkembangan rumah pastor dan semangat Mgr. Soegijapranata” ucap Prof. Ridwan.

Romo Aloysius Budi Purnomo Pr atau yang akrab disapa Romo Budi dalam jumpa pers menyampaikan bahwa dirinya merespon secara positif tentang harapan yang disampaikan Ketua Umum Yayasan dan Rektor Unika. Namun Romo Budi akan mengembangkan semangat Mgr Albertus Soegijapranata. Semangat yang semula 100% Katolik % Indonesia ia kembangkan menjadi 100% Religius 100% Nasionalis.

“Kalau Mgr Soegija 100% Katolik 100% Indonesia maka saya kembangkan menjadi 100% Religius 100% Nasionalis. Maka ditempat inilah nantinya semangat tersebut yang akan saya gelorakan terus menerus melalui diskusi, workshop, sarasehan, jalur seni budaya dalam keberagaman. Semangat itu pula yang saya pegang dalam rangka menggelorakan semangat cinta tanah air sebagai perwujudan iman seperti semangat Mgr Soegija. Semangat itu yang akan saya kembangkan melalui hadirnya pastoran ini” tegas Romo Budi yang piawai bermain saxophone.

Sebagai informasi, perlu kita ketahui nama Pastoran “Johanes Maria” Unika Soegijpranata ini diambil dari nama permandian dan penguatan Mgr. Pujasumarta yaitu Johannes Maria. Serta perlu kita ketahui bahwa Mgr. Johannes Pujasumarta adalah romo kepala campus ministry yang pertama di Unika dan bercita cita Unika memiliki Pastoran.(Holy)

Kategori: ,