Menjadikan Semarang Punya Cerita
Rabu, 29 November 2017 | 16:55 WIB

Fotografi merupakan suatu kegiatan yang digandrungi oleh berbagai kalangan masyarakat, mulai dari anak muda sampai orang tua. Kegiatan ini tidak semata-mata hanya mengambil foto saja untuk mengingat suatu moment, tetapi foto juga bisa menceritakan tentang sesuatu.

Beberapa mahasiswa dari Ilmu Komunikasi Unika Soegijapranata konsentrasi Komunikasi Strategis mengadakan lomba dan pameran fotografi yang bertempat di Impala Space,  Kota Lama, Semarang pada Jumat (24/11).

Acara yang bertajuk Treasure of Semarang  ini, diselenggarakan untuk memenuhi tugas mata kuliah Event Organization. “Kami mengambil tema ini untuk membuat banyak orang Semarang tahu, bahwa kota ini iconnya tidak hanya Gereja Blenduk, gak hanya makanan lumpia saja, tetapi banyak kok tempat-tempat yang bagus dan menarik yang bisa menjadi icon” kata Yemima sebagai ketua panitia.

Disamping itu panitia dari pameran ini juga mengundang pakar fotografer sebagai pembicara dalam acara ini, yaitu Fransiskus Satrya Wicaksana. Dalam seminar kecil ini ia memberikan beberapa tips untuk memenangkan pada perlombaan fotografi, yaitu memahami ketentuan dan syarat pada perlombaan, memahami selera latar belakang juri, memahami tema, mencari spot foto yang sesuai dengan tema, dan harus bisa berani untuk berkarya. “Untuk menghasilkan foto yang indah, sekarang tak perlu dengan kamera DSL, tetapi dengan handphone sekarang aja bisa, tetapi tergantung dengan si pemotretnya, kalau motretnya hanya asal-asalan pasti akan jelek” kata Satrya.

Dari seluruh rangkaian acara tersebut, ada beberapa foto yang dipamerkan, berjumlah 70 foto yang sudah terseleksi dari total 44 peserta yang mendaftar dalam perlombaan ini. “Para peserta harus memenuhi standar foto untuk berkompetisi menjadi  pemenang yaitu art, hurricate, dan culture” tandas Yemima.

Selain  itu ia juga berharap dengan mengadakan pameran fotografi ini masyarakat  mengetahui bahwa Semarang memiliki banyak tempat unik yang wajib dikunjungi dan cocok untuk ber-selfi ria, maka dari itu kita tidak perlu jauh-jauh untuk berlibur, karena Semarang mempunyai tempat yang istimewa.(Adr)

Kategori: ,