Halo Unika Permudah Akses Alumni
Selasa, 14 November 2017 | 8:16 WIB
RDRS 13_11_2017 Halo Unika Permudah Akses Alumni

KUNJUNGI UNIKA : Rektor Unika Soegijapranata, Prof Ridwan Sanjaya menerima cinderamata dari Manager Marketing Jawa Pos Radar Semarang, Tri Sutristya, belum lama ini.

Guna mempermudah akses bagi alumni, Unika Soegijapranata mengembangkan program aplikasi yang dapat digunakan sebagai komunitas virtual dan diharapkan memberikan keuntungan bagi universitas maupun alumni.

Ditemui Jawa Pos Radar Semarang di kantornya belum lama ini, Rektor Unika Soegijapranata Prof Ridwan Sanjaya mengatakan pihaknya ingin alumni tetap merasakan atau melihat universitas sebagai rumahnya. Oleh karena itu, terciptalah Halo Unika.

“Selama ini kan mereka melihat universitas sebagai rumah belajar, rumah bersama, rumah kita dan sebagainya. Tapi mereka lupa, alumninya pergi (sudah lulus) tidak lagi kembali ke rumahnya, sudah meninggalkan. Nah dari Halo Unika ini kami jadi platformnya mereka,” ungkapnya.

Dalam program Halo Unika, para alumni bisa saling berkomunikasi dan bertukar informasi melalui komunitas yang telah dibuat dalam aplikasi tersebut. Sehingga akan ada Mutual Benefit atau keuntungan bagi kedua belah pihak. “Misalkan mahasiswa ini lulus, bekerja di perusahaan dan mendapat posisi tertentu, kemudian temannya yang mengetahui melalui komunitas virtual menawarkan bahwa di perusahaannya ada job dan bisa lebih mudah untuk berkembang sesuai dengan talenta,” bebernya.

Hal itu, terang dia, bisa menjadi jembatan bagi yang lainnya untuk meningkatkan mutu alumni. Juga berpengaruh bagi penilaian universitas itu sendiri. Selain itu, diharapkan bisa menekan terjadinya berpindah-pindah pekerjaan. “Maksud saya, kan banyak yang bilang kalau loncat-loncat pekerjaan tidak sesuai dengan talenta itu bagus atau keren. Padahal sebenarnya kurang baik,” katanya.

Tak hanya itu, Ridwan menyadari bahwa para alumni memiliki kebutuhan-kebutuhan yang mengharuskan mereka untuk berkontak fisik langsung dengan kampus dan universitas. Namun, keterbatasan keadaan seringkali menyulitkan bagi para alumni. “Seperti legalisir dan lainnya terkait kealumnian nantinya bisa diakses melalui Halo Unika. Ini sedang kami kembangkan untuk terus memajukan Unika sendiri, dan segera kami launching,” tandasnya.

Sesuai rencana, peluncuran Halo Unika menurut Ridwan akan dilaksanakan pada Jumat (17/11) mendatang.

(►https://radarsemarang.com)

Kategori: