FTP Unika Kampanyekan Beras Lokal
Rabu, 1 November 2017 | 15:48 WIB

JTP 1_11_2017 FTP Unika Kampanyekan Beras Lokal

Memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada 14 Oktober lalu, Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika menggelar "Rice Festival with Kongbap" di halaman gedung Thomas Aquinas, Selasa (31/10). Berbagai stand mahasiswa digelar untuk meramaikan acara yang fokusnya dari produk olahan beras lokal.

Dekan FTP Unika Soegijapranata, Dr Probo Yulianto Nugrahedi mengatakan, memperingati Hari Pangan Sedunia ini digelar sedikit beda, namun tetap dilakukan sederhana. Produk olahan makanan dari beras ditampilkan mahasiswa dan dipamerkan ke mahasiswa agar mereka mengetahui keunggulan karbonhidratnya. "Kita sengaja mengampanyekan beras ke mahasiswa agar mereka tetap mencintai produk beras sebagai makanan pokok utama. Semua jangan meninggalkan beras sebagai konsumsi utama masyarakat di Indonesia," jelasnya.

Menurutnya, karena banyak anggapan bila beras ada yang kurang baik dikonsumsi, namun itu semua tidak dibenarkan. Semula produk beras hampir di Indonesia rata-rata berkualitas. "Permasalahan dimungkinkan karena petani ada yang sistem pengolahan penanaman yang tidak sempurna," tuturnya.

Dikatakan, beras-beras lokal di Indonesia sebenarnya semuanya organik dan masyarakat Indonesia jangan terpengaruh dengan beras-beras impor. "Kita harus bisa mencintai produk sendiri," katanya.

Senada dikatakan dosen FTP Unika Prof Budi Widianako yang juga mantan rektor bahwa beras di Indonesia bila orang pandai ini bisa diolah dengan berbagai jenis makanan. "Beras juga dibuat roti, hidangan makanan lainnya. Saya juga sependapat agar ini dipertahankan," tambahnya.

(â–ºJateng Pos 1 November 2017)

Kategori: