Dua Mahasiswa Unika Ini Buat Inovasi Konsumsi Jamu
Kamis, 9 November 2017 | 8:39 WIB
SM 9_11_2017 Dua Mahasiswa Unika Ini Buat Inovasi Konsumsi Jamu

Keinginan memberikan sensasi baru mengkonsumsi sekaligus memperpanjang umur simpan jamu, dua orang mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata mendapatkan apresiasi sebagai Juara II National Foodpreneur Competition "Utilizing a Good Processing Technology to Change Consumers Perception of Processed Food" di Universitas Pelita Harapan Tangerang, pada Kamis (2/11) lalu. Kedua mahasiswa FTP Unika Soegijapranata tersebut, Ruth Jeane dan Ira Yuliani. Mereka telah memberikan inovasi dalam mengkonsumsi produk jamu yang semula hanya dalam bentuk cair dan bubuk dibuat menjadi cracker. Inovasi yang dilakukan kedua mahasiswa tersebut menggantikan bahan air dalam pembuatan Rice Cracker dengan Jamu Beras Kencur.

"Kami mencoba untuk mengubah persepsi konsumen bahwa produk jamu tradisional bisa dikonsumsi dengan cara yang berbeda. Jika biasanya hanya bisa dikonsumsi dengan cara diminum, kami mencoba berinovasi dengan mengganti wujud jamu menjadi bentuk padat. Di mana jamu dapat dikonsumsi tidak dengan cara diminum, melainkan dikunyah," kata Ruth Jeane.

Konsumsi jamu dengan cara diminum langsung atau harus diseduh terlebih dahulu. Seringkali mengurangi kenyamanan bagi konsumen karena tidak mudah dibawa atau harus menyediakan air panas untuk mengkonsumsinya. “Penggunaan jamu dalam pembuatan Crackers dipilih, karena renyah dan mudah dikonsumsi. Sehingga dapat memberikan sensasi baru," tambah Ira Yuliani, yang juga dinobatkan sebagai Best Presenter dalam ajang tersebut.

(►http://www.suaramerdeka.com)

Kategori: