Unika Lepas Mahasiswa Program KKU
Rabu, 4 Oktober 2017 | 14:43 WIB

SM 4_10_2017 Unika Lepas Mahasiswa Program KKU

Unika Soegijapranata melepas mahasiswa yang mengikuti program Kuliah Kerja Usaha (KKU). Wakil Rektor I Bidang Akademik Cecilia Titiek Murniati PhD menyatakan, KKU adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang setara dengan KKN yang bertujuan untuk memberikan pendampingan dan memajukan suatu UMKM.

“KKU penting bagi mahasiswa karena menjadi modal pengalaman ketika nantinya mahasiswa lulus dan masuk pada dunia kerja dan ini sangat membantu,” kata Cecilia saat melakukan pelepasan mahasiswa KKU Unika Soegijapranata 2017/2018, pada Senin (2/10) lalu di selasar Gedung Thomas Aquinas kampus setempat.

Cecilia menambahkan, selain kegiatan KKU ini juga bisa mengasah kemampuan atau soft skill masing-masing individu mengenai leadership, kemampuan membantu mitra lebih mempunyai daya saing dan bertambah kemampuan berkomunikasinya. Melalui program ini akan memperlihatkan siapa yang bisa menjadi pemimpin atau hanya follower.

“Interpersonal skill sangat penting untuk bagaimana berkomunikasi dalam teamwork serta bagaimana mengkomunikasikan program kerja dengan masyarakat. Tidak hanya dengan anggota tim kelompok tetapi juga dengan mitra dan dengan aparat desa serta kecamatan,” tuturnya.

Sebanyak 212 peserta program KKU melaksanakan program tersebut selama 2,5 bulan, dari 2 Oktober 2017 sampai 10 Desember 2017 di tujuh wilayah mitra pendampingan KKU dengan kurang lebih ada 80 mitra dampingan yang ada di Kota Semarang. Beberapa diantaranya, Kelurahan Kandri Gunungpati, Kelurahan Gisikdrono Semarang Barat, Kelurahan Tambakmulyo, wilayah Kemijen, wilayah Gereja St Athanasius Agung Karangpanas, wilayah Gereja St Petrus Sambirotovdan Kecamatan Gajahmungkur.

Upacara Pelepasan yang dipimpin langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Cecilia Titiek Murniati dan ditandai dengan penyematan jas almamater secara simbolis oleh Kepala Lembaga Pusat Pengabdian Masyarakat Prof Andreas Lako.

(►http://www.suaramerdeka.com)

Kategori: