“Solo Dios Basta” : Tuhan Saja Cukup
Selasa, 17 Oktober 2017 | 9:11 WIB

Solo Dios Basta yang berarti Tuhan Saja Cukup, itulah tema yang diangkat oleh para pengurus Reksa Pastoral Campus Ministry Unika dalam rangka perayaan syukur ulang tahun Campus Ministy Unika ke-16. Perayaan syukur ini dirayakan dengan Misa Kudus yang diselenggarakan di Kapel Ignatius Unika pada Sabtu (14/10) pekan lalu yang dipimpin oleh Romo Aloysius Budi Purnomo Pr selaku Kepala Campus Ministry Unika Soegijapranata. Acara yang dihadiri oleh para mahasiswa, para suster, beberapa alumni Unika serta tenaga kependidikan ini bertepatan pula dengan perayaan ulang tahun ke 3 Asrama Mahasiswi Unika serta pelantikan para pengurus Orang Muda Katholik (OMK) Campus Ministry Unika periode 2017-2018.

Romo Budi, begitu sapaan akrabnya, dalam homilinya menceritakan bahwa berdirinya Reksa Pastoral Campus Ministry Unika merupakan karya rintisan (Alm) Mgr Johannes Pujasumarta Pr ( Mantan Uskup KAS periode 2010-2015).

“Hari ini kita bersyukur atas ulang tahun Campus Ministry Unika yang ke 16 yang dirintis oleh mendiang Mgr Johannes Pujasummarta Pr ketika beliau bertugas menjadi rektor di Seminari Tahun Orientasi Rohani (TOR) Sanjaya dan kemudian saat itu pula beliau membangun Campus Ministry Unika. Lalu kita juga bersyukur atas ulang tahun ke 3 Dormitory/ Asrama putri Unika yang berlindung dibawah naungan Santa Teresa Avila, lebih tepatnya pesta nama Santa Teresa Avila pada 15 oktober 2017” ungkap Romo Budi.

Dengan semakin bertambahnya usia Campus Ministry Unika dan Asrama Mahasiswi Unika ini, Romo Budi berharap agar 2 unit ini bisa memberikan kontribusi yang bermanfaat untuk masyarakat luas seperti semboyan Unika yang “Talenta Pro Patria Et Humanitate”.

“Harapannya adalah supaya Campus Ministry dan Dormitory Unika tidak hanya berkembang secara iman tetapi juga melayani kampus, melayani masyarakat serta mengembangkan bakat dan talenta untuk kepentingan tanah air dan kemanusiaan , dan juga bersukacita bergembira bekerjasama dengan siapa saja” tambah Romo Budi.

Lebih lanjut, dalam memaknai tema perayaan ulang tahun yang “Solo Dios Basta” ini, dipersembahkan sebuah drama singkat yang dimainkan oleh 4 orang (3 orang mahasiswi dan 1 orang suster) tentang salah satu contoh nyata bagaimana mengandalkan Tuhan dalam kehidupan sehari hari, yaitu menjunjung tinggi kejujuran dalam sikap dan perbuatan apalagi dalam kehidupan akademis yang perlu kita jaga integritasnya.

“Kalau kita pasrah kepada Tuhan tidak pasrah yang tanpa usaha gitu. Solo Dios Basta itu artinya Tuhan Saja Cukup. Kalian harus tetap berusaha dan usaha kalian tersebut pasrahkanlah kepada Tuhan” tegas Suster Anni CM ketika mengisi drama.

Sebagai informasi, Campus Ministry dan Asrama Mahasiswi Unika Soegijapranata berada di bawah perlindungan Santa Teresa Avila (1515-1582). Santa Teresa Avila mengajarkan bahwa kita harus memiliki kepercayaan yang besar akan penyelenggaraan Tuhan bagi kita. Ia menulis bahwa seseorang yang memiliki Tuhan, tidak kekurangan suatu apa pun. Tuhan saja sudah cukup (Solo Dios Basta).

Spirit “Solo Dios Basta”

Seusai homili, Romo Budi melantik 24 orang pengurus Campus Ministry yang baru yaitu 14 orang pengurus OMK dan 10 orang pengurus Putra Putri Altar (PPA) untuk periode tahun 2017-2018. Mereka resmi dilantik dan diutus menjadi pengurus setelah mereka mendapatkan percikan Air Suci dari Romo Budi.

Romo Budi pun berharap kepada para pengurus OMK yang baru ini bisa menjadi pelayan untuk siapa saja yang membutuhkan terutama untuk Kampus Unika. “Semoga para pengurus OMK yang baru ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik melayani Kampus Unika, melayani Tuhan , melayani umat dan masyarakat luas” ungkap Romo Budi.

Sementara itu , Cornelius Pandu Tri Waluyo selaku Ketua OMK periode 2017-2018 ketika ditemui usai misa syukur mengatakan bahwa ia bersama para pengurus yang lain akan selalu membawa semangat “Solo Dios Basta”. Semangat ini menurutnya menjadi penting karena bisa menampakkan “wajah-wajah Tuhan”.

“Mengenai Solo Dios Basta dalam dalam bentuk pelayanan yang diberikan oleh pengurus, saya lebih menggarisbawahi bahwa segala bentuk pelayanan dan tanggung jawab kita yang akan kita terima dan akan kita jalani semuanya harus kita pasrahkan dan beracuan pada Tuhan. Berpasrah dan beracuan pada Tuhan artinya kita mengikutsertakan Tuhan dalam segala bentuk pelayanan kita maka pada saat itu pula kita membagikan bagaimana wajah-wajah Tuhan yang sebenarnya,” tegas Pandu yang juga merupakan mahasiswa program studi Manajemen angkatan 2016.

Acara syukur ulang tahun Campus Ministry Unika dan Asrama Mahasiswi Unika serta pelantikan pengurus OMK yang baru ini semakin meriah dengan adanya acara bersama setelah selesainya Misa Syukur. Acara bersama tersebut seperti : pemotongan nasi tumpeng, ramah tamah dan penampilan spontan dari para mahasiswa anggota Campus Ministry. (Holy)

Kategori: ,