Serah Terima Jabatan Dekan FTP Unika
Jumat, 6 Oktober 2017 | 16:30 WIB

Dengan dilantiknya Dr. V. Kristina Ananingsih, ST, M.Sc menjadi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaaan, maka jabatan Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata yang pada awalnya dijabat oleh Dr. V. Kristina Ananingsih, ST, M.Sc untuk periode 2017-2021 digantikan oleh Dr. R. Probo Yulianto N., S.TP., M.Sc.

Terkait pergantian pejabat dekanat tersebut, maka pada Selasa (3/10) dilaksanakan acara serah terima jabatan yang diikuti oleh seluruh civitas akademika FTP Unika Soegijapranata bertempat di Selasar Gedung Albertus Lantai 2.

Dalam sambutannya, Dr. V. Kristina Ananingsih, ST, MSc. mengucapkan terima kasih kepada segenap Wakil Dekan, Ketua Program Nutrisi dan Teknologi Kuliner, Kepala Laboratorium, Kepala Promosi yang telah membantu selama masa kepemimpinannya sebagai Dekan FTP Unika. Tidak lupa, ia juga berterimakasih kepada Prof. Dr. Ir. Budi Widianarko, MSc yang telah dianggap sebagai mentornya. “Memang untuk kegiatan akademik menjadi tujuan utama program kami dari dekanat FTP, tapi kami juga tidak lupa untuk mengembangkan softskill dari para mahasiswa. Saya turut bangga dengan pencapaian para mahasiswa dalam pengembangan softskill. Untuk ke depannya, yang akan kita tingkatkan adalah kerjasama di tingkat global. Hal ini telah berjalan, terlihat dari banyaknya mahasiswa yang mengikuti program internship (mengadakan penelitian bersama-red) di universitas luar negeri. Dalam setahun sekali, kami juga mengadakan kerjasama dalam pengembangan akademik dengan menggandeng beberapa kampus lain untuk memberikan workshop. Jika ditarik ke belakang, telah tampak perkembangan dari FTP ini dimana tahun 2013 mulai dibuka Program Nutrisi dan Teknologi Kuliner kemudian setahun sesudahnya akreditasi FTP dinyatakan “A” dan sejak tahun 2017, Program Magister Teknologi Pangan memperoleh akreditasi “B”. Hal pengembangan pun tidak hanya terbatas mahasiswa, tetapi meliputi juga Dosen pengajarnya, hingga saat ini hampir semua dosen FTP telah bergelar Doktor (S3)”ujar Kristina.

Sementara itu, Dekan baru FTP Unika Dr. R. Probo Yulianto N., S.TP., M.Sc, juga menyampaikan tentang cara pandangnya dalam menyikapi FTP yang akan datang, “Dalam mempelajari sesuatu, bagi saya hanya ada plus (kelebihan) dan delta (selisih). Apabila kita melihat masa lalu dengan berbagai prestasi yang telah dicapai kita bisa melihatnya sebagai plus. Tetapi apabila di masa sebelumnya, ada yang belum tercapai, orang banyak melihat hal itu sebagai minus tetapi menurut saya jangan melihat itu sebagai minus tetapi lihat hal tersebut sebagai delta. Artinya apabila ada sesuatu hal yang belum terlaksana, kita melihat hal tersebut sebagai selisih yang harus ditingkatkan lagi”jelas Probo.

Demikian pula Prof. Budi Widianarko, selaku guru besar FTP juga menyampaikan pendapatnya tentang perkembangan FTP dewasa ini, “Terhadap semua perubahan yang terjadi di FTP, menurut saya mungkin sudah saatnya terpikir perubahan-perubahan yang telah berjalan di dunia industri makanan saat ini. Dalam hal pangan, salah satu hal yang menjadi sorotan yaitu pada retail  dan logistic  yang berubah, karena itu mungkin juga perlu dipikirkan untuk membuka program ataupun mata kuliah Food Logistic and Retail” tegas Prof. Budi.(Cal)

Kategori: ,