Peringati Hari Pangan Sedunia, FTP Unika Selenggarakan Rice Festival
Selasa, 31 Oktober 2017 | 16:42 WIB

Selasa (31/10) bertempat di selasar Gedung Thomas Aquinas Unika Soegijapranata telah diselenggarakan acara Rice Festival dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 16 Oktober. Acara dirayakan dengan berbagai kegiatan antara lain Organic Farming Exhibition, fun games, doorprice, short video and photo competition, culinary demo with Diah Didi (Food Blogger) serta free lunch for 1500 visitors.

Dalam sambutannya Dekan  Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata, Dr. R. Probo Yulianto N., S.TP., MSc. menjelaskan tentang topik utama acara festival yaitu tentang beras dan berbagai bentuk olahannya, “Kami ingin mensosialisasikan tentang banyaknya jenis beras yang belum diketahui oleh masyarakat luas, tentu saja selain nasi putih masih ada banyak jenis olahan yang bisa dibuat dari bahan beras. Hal lain kami juga ingin mengingatkan bahwa nasi sebagai makanan pokok yang dimakan hingga 3 kali sehari, jangan dihindari hanya mesti diatur asupannya,” ujar Probo.

” Kami juga ingin memperkenalkan jenis-jenis nasi ini dengan cara lain, tidak dengan cara seminar karena terkesan terlalu formal, kami mencoba memperkenalkan kepada masyarakat lewat Rice Festival ini, dan acara ini disponsori oleh Kongbap sehingga bisa berjalan dengan meriah dan penuh antusiasme,” tambahnya.

Acara Rice Festival ini diikuti oleh  Al Barokah dari Yogyakarta dan Gita Pertiwi dari Solo memperkenalkan jenis-jenis beras kepada masyarakat terutama mahasiswa Unika  Soegijapranata. “Kongbap adalah campuran biji-bijian yang dikombinasikan dengan nasi,dengan mengkonsumsi kongbap ini, diharapkan masyarakat menjadi lebih sehat karena kaya akan serat” ucap Nanda, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian sebagai Ketua Panitia Rice Festival.

Festival Rice dimeriahkan pula dengan demo masak oleh Diah Didi yang juga seorang Food Blogger. “Makan dengan kongbap ini juga bagus buat diet, tapi jangan dimakan dengan nasi, dimakan kongbabnya aja,” jelasnya.

“Terutama untuk para mahasiswa yang males makan sayur, males makan buah, mahasiswa bisa mengkonsumsi Kongbap, sudah bisa memenuhi kebutuhan akan makanan sehat bagi mereka,” imbuhnya.

Salah satu pengunjung, Bagus Aryanto Sutikno yang juga mahasiswa FTP Unika yang baru saja menyelesaikan studi sarjananya mengemukakan pendapatnya tentang Rice Festival, “Menurut saya acara ini sangat baik dan interaktif dimana seperti kita ketahui makanan pokok bangsa Indonesia adalah beras dan dalam acara ini dikenalkan beras bukan pada umumnya tetapi beras organic yang memiliki dampak yang baik untuk kesehatan apabila rutin dikonsumsi dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Disini kita juga bisa melihat langsung pengolahannya menjadi beberapa produk olahan makanan dengan demo masak berbahan dasar Multigrain Mix Kongbap,” pungkasnya. (YP)

Kategori: ,