Pelantikan Majelis Pembimbing Gugusdepan dan Pembina Gugusdepan Unika
Senin, 2 Oktober 2017 | 18:36 WIB

Racana merupakan sebuah kegiatan kepramukaan yang diadakan di tingkat universitas. Universitas Katolik Soegijapranata yang telah lama membimbing racananya sendiri sebagai pra-UKM, kini telah diresmikan menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa yang diharapkan dapat membawa nama baik Unika Soegijapranata di khalayak luas. Di Unika sendiri, Racana didirikan atas usul Lita Widyo Hastuti, S.Psi., M.Si kala beliau menjabat sebagai Wakil Rektor III Unika Soegijapranata, setelah ia melihat potensi yang ada pada peserta Kemah Kebangsaan perwakilan Unika Soegijapranata dan beliau menunjuk ke-6 orang yang memiliki potensi itu sebagai Satgas Racana.

Peresmian Racana menjadi UKM disertai dengan pelantikan gugus depannya, atau anggota Racana yang aktif berpartisipasi dalam UKM tersebut. Pelantikan gugus depan ini diadakan pada tanggal 29 September 2017 di Ruang Mini-Theatre Gd. Albertus Unika Soegijapranata.

Dalam acara pengukuhan Majelis Pembimbing Gugus Depan Unika Soegijapranata ini telah dilantik rektor Unika Soegijapranata Prof. Dr. F Ridwan Sanjaya, SE., S. Kom., MS.IEC sebagai ketua Majelis didampingi dua pembimbing lainnya, yakni Ir. Ign Dono Sayoso, MSR selaku pembimbing putra dan Dr. Ir. Ch Retnaningsih, MP selaku pembimbing putri. Turut diundang dalam acara tersebut racana dari berbagai universitas yang ada di kota Semarang, serta mengundang berbagai Dewan Kerja yakni Dewan Kerja Ranting Gajah Mungkur, Dewan Kerja Cabang Kota Semarang, dan juga Dewan Kerja Jawa Tengah.

Aloysius Andreanto Raharjo, sebagai salah satu pelopor berdirinya Racana Unika dan ketua UKM Racana berujar, “Saya berharap agar Racana Unika Soegijapranata ke depannya dapat berkembang sebagai komunitas menjadi sebesar Racana-Racana dari universitas lain, dan turut andil dalam membangun negeri.”(Ian)

Kategori: ,