Mahasiswa Diajak Kenali Bahan Kemasan Produk Ramah Lingkungan
Selasa, 24 Oktober 2017 | 8:38 WIB

SM 23_10_2017 Mahasiswa Diajak Kenali Bahan Kemasan Produk Ramah Lingkungan

Unika Soegijapranata Semarang menyelenggarakan seminar bertemakan “Introduction to Coated and Uncoated Paper, Board, and Foopak” pada hari Kamis (12/10) di Ruang Teater Gedung Thomas Aquinas Lantai 2 kampus Unika.

Seminar yang diselenggarakan oleh Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Arsitektur dan Desain ini mengundang Hadi Kusuma Halim, direktur PT Sinar Mas Asia Pulp and Paper, sebagai pembicara utama.

Dalam seminar ini, Hadi menjelaskan berbagai jenis kertas dan karton yang dibuat dengan pelapisan (coated) maupun tanpa pelapisan (uncoated). Kertas tanpa pelapisan yang dikenal sehari-hari oleh masyarakat contohnya adalah kertas HVS, kertas buku, kertas bungkus, kertas CD bulky yang sering digunakan sebagai kertas buram, kertas CD cetak untuk mencetak koran, kertas stensil, kertas fancy, dan kertas tisu.

“Mahasiswa sebaiknya mulai mengenal jenis-jenis kertas yang ada di pasar. Ini penting untuk mempersiapkan mereka berpikir kritis dalam memilih kertas yang akan dipakai untuk packaging dan desain yang akan mereka buat nantinya ketika memasuki dunia bisnis,” kata Hadi.

Hadi menerangkan bahwa prospek kerja sebagai desainer packaging masih terbuka lebar. Prospek kerja untuk desain kemasan ke depan masih bagus. Desain ini biasanya mengarah ke advertising, printing, dan industri seperti desainer untuk cover buku tulis.

Ia juga menjelaskan bagaimana pengaruh perkembangan teknologi terhadap penggunaan kemasan karton dan kertas.

Agustinus Dicky PrastomoSIP MA, ketua program studi Desain dan Komunikasi Visual menyatakan, pentingnya pengetahuan mengenai jenis-jenis kertas yang nantinya digunakan sebagai bahan dasar kemasan suatu produk.

“Topik mengenai food packaging ini sebenarnya bersifat multidisiplin. Seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan umum mengenai bahan dasar dan jenis-jenis kertas yang bisa digunakan sebagai kemasan makanan, sehingga nantinya akan berguna sekali dalam aplikasi food packaging,” kata  Dicky.

(►http://www.suaramerdeka.com)

Kategori: