Mahasiswa Asing Buat Makanan Khas Indonesia
Kamis, 12 Oktober 2017 | 16:58 WIB

Sebanyak 6 mahasiswa asing dari total 15 mahasiswa asing Program Darmasiswa Unika Soegijapranata diperkenalkan dengan berbagai makanan khas Indonesia. Adapun ke 6 mahasiswa tersebut adalah Alma-Sarac dari Kroasia, Horace Gama dari Malawi, Alina Kovalenko dari Ukraina, Jakaria Tuhin dari Bangladesh, Cadric Freitas dari Portugal, dan Hambani Lukhele dari Zambia. 6 mahasiswa tersebut turut membuat secara langsung makanan Klepon dan Kolak yang sangat khas dari Indonesia. Adapun kegiatan demo memasak yang turut dipandu oleh mahasiswa Nutrisi dan Teknologi Kuliner (NTK) tersebut dilaksanakan di Laboratorium Kuliner Gedung Albertus Unika Soegijapranata pada hari Jumat (6/10).

“Kegiatan yang diselenggarakan oleh unit UPT International Office (IO) bekerja sama dengan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika ini merupakan pelatihan murni dan bukan bagian dari perkuliahan, serta berlangsung selama 3 kali  dengan waktu dan menu yang berbeda-beda yaitu mulai hari Selasa (3/10) untuk makanan nasi kuning dan nasi gurih, Kamis (5/10) makanan  gudangan dan pecel serta hari Jumat (6/10) klepon dan kolak. Disamping itu, pelatihan ini juga dalam rangka menambahkan kegiatan orientasi yang diberikan kepada darmasiswa pada awal september yang lalu,” jelas Dr. Ekawati Marhaenny Dukut, M.Hum selaku kepala UPT. IO Unika Soegijapranata.

Cita Rasa Klepon dan Kolak

Setelah berhasil membuat Klepon dan Kolak, para darmasiswa juga diberi kesempatan untuk mencoba kedua makanan tersebut, berikut komentar yang mereka sampaikan tentang dua makanan khas Indonesia tersebut. “Di Negara Malawi, tidak ada makanan sejenis ini meskipun kami memiliki bahan-bahan utama seperti pisang dan gula aren. Akan tetapi, gula aren (gula kelapa) sangat sulit ditemukan di Malawi dan biasanya digunakan untuk makanan lainnya. Untuk pisang, warga Malawi biasa mengonsumsi ini dalam bentuk buah pisang dan tidak dikombinasikan dengan makanan lainnya. Oleh sebab itu begitu mengetahui cara pembuatan makanan ini, saya cukup terkejut tapi bagi saya makanan ini lezat juga,” ungkap Horace.

Hal serupa juga dikatakan oleh Alina Kovalenko dari Ukraina, “Di Negara Ukraina, kami memiliki makanan sejenis Kolak hanya saja kami mencampur beberapa buah-buahan yang memiliki rasa kuat seperti Cherry, Strawberry, Buah Peach dalam bentuk jus bersama dengan gula dalam air panas dan minuman khas tersebut memiliki rasa yang lebih kuat dibandingkan Kolak. Saat saya mencicipi Kolak dan Klepon, saya juga menyukai keduanya karena saya sangat suka makanan yang memiliki rasa manis.”(Cal)

Kategori: ,