Gratia Choir Harumkan Nama Unika Soegijapranata di Kancah Internasional
Jumat, 6 Oktober 2017 | 11:57 WIB

Salah satu UKM dari Unika Soegijapranata, yakni Gratia Choir, berhasil mengharumkan nama almamater dan negara Indonesia dengan memenangkan berbagai medali di kompetisi choir yang diadakan di salah satu negara di Eropa, yaitu Italia. Demikian laporan yang disampaikan tatkala tim Gratia Choir telah kembali ke Indonesia di hadapan Rektor Unika, Prof. Dr. F Ridwan Sanjaya, MS., IEC didampingi Wakil Rektor III Dr. V Kristina Ananingsih, ST., M.Sc bertempat di ruang Hijau, gedung Mikael, Unika Soegijapranata, pada Kamis (5/10).

Di bawah bimbingan Alfonso Andika Wiratma, selaku pelatih dan konduktor, 30 orang bersuara emas dari Gratia Choir ini berhasil mendapatkan 5 medali emas dan 1 medali perak, serta meraih 2 penghargaan khusus yaitu “2nd Place Grand Prix Competition” dan “Best Performance of Song from Italian Composer”. Meraih hasil yang memuaskan seperti ini bukanlah hal yang dapat dilakukan dengan mudah, Gratia Choir berlatih dengan sangat intensif selama 7 bulan untuk meraih prestasi ini. Selain itu, dalam kompetisi di Italia ini, Gratia Choir berhadapan dengan 12 negara lainnya yang mengirimkan tim choir mereka masing-masing.

Di Italia, Gratia Choir mengikuti 2 kompetisi. Kompetisi yang pertama, “Rimini International Choral Competition” diadakan di kota Rimini pada tanggal 21-24 September 2017. Dalam kompetisi ini, Gratia Choir mengikuti 3 kategori kompetisi, yaitu Sacred, Mixed Choir, dan Folklore. Untuk kategori Sacred, Gratia Choir menampilkan Stated Angelus, Ave Maria, Gloria Patri, dan Domine Deus. Untuk kategori Mixed Choir, Gratia Choir menampilkan Pange Lingua, Io Mi San Giovinetta, Mate Saule, dan Cantate Domino. Dan untuk kategori Folklore, Gratia Choir menampilkan lagu-lagu daerah dari Indonesia seperti Ugo-Ugo, Hela Rotane, Luk-Luk Lumbu, dan Yamko Rambe Yamko. Pada kompetisi ini, Gratia Choir berhasil mendapatkan 2 medali emas pada kategori Mixed Choir dan Folklore serta medali perak pada kategori Sacred.

Maju di Grand Prix Competition

Kompetisi kedua, “Andrea del Verrocchio International Choral Festival”, diadakan di kota Florence pada tanggal 26-29 September 2017. Gratia Choir mengambil kategori Youth and University Choir, Folklore, dan Sacred pada kompetisi ini. Hasilnya sangat memuaskan, setelah pembenahan yang dilakukan oleh pelatih Gratia Choir dengan adanya evaluasi dari juri kontes di Rimini, Gratia Choir berhasil mendapatkan 3 medali emas untuk ketiga kategori tersebut dan mendapatkan peringkat pertama pada kategori Youth and University Choir dan Folklore. Gratia Choir dapat maju ke Grand Prix Competition karena telah mendapat peringkat pertama di 2 kategori di kontes ini, dan akhirnya Gratia Choir mendapatkan predikat “2nd Place Grand Prix Competition”.

Rosalia Hapsari, salah satu anggota Gratia Choir yang ikut maju dalam kontes ini menyampaikan, bahwa awalnya ia tidak menyangka dapat berpartisipasi dalam kontes ini sebagai bagian dari Gratia Choir, mengingat bahwa studinya sudah mencapai semester akhir. “Ini adalah sebuah pengalaman yang luar biasa bagi saya dan untuk itu saya sangat bersyukur karena mendapat kesempatan untuk berpartisipasi serta memenangkan kontes internasional ini sebelum saya  lulus dari Unika Soegijapranata, “ ungkapnya. (Ian)

Kategori: ,