UNIKA Soegijapranata Gelar Lomba Fisika Android APHICS 2017
Rabu, 13 September 2017 | 9:24 WIB

Beritaekspres 12_9_2017 UNIKA Soegijapranata Gelar Lomba Fisika Android APHICS 2017

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah bekerjasama dengan Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Katolik (UNIKA) Soegijapranata Semarang akan menggelar Lomba Fisika Android Android Physics Measurement Competition (APHICS)  yang akan berlangsung di GOR Jetayu Pekalongan pada 17 September mendatang.

Hal itu dikatakan Dr. Leonardus Heru Pratomo, ST. MT. selaku Ketua Penyelenggara Lomba Fisika APHICS 2017 kepada awak media di Semarang, Selasa (12/9/2017).

Leonardo menjelaskan, pada 2016 lalu pihaknya pernah menggelar kegiatan serupa dan mendapat respon bagus, karena peserta yang ikut juga banyak. ”Untuk itu tahun 2017 kami diminta untuk menyelenggarakan kembali bertepatan dengan digelarnya pameran Produk Inovasi 2017,” terang Leonardo sambil menjelaskan, lomba fisika APHICS sendiri diadakan untuk para pelajar tingkat SMA/SMK di Jawa Tengah

Menurut Leonardo, kegiatan ini adalah untuk mengembangkan ilmu fisika dengan mengedukasi menggunakan smartphone sebagai media lomba. “Selama ini para pelajar menggunakan HP hanya untuk chat, game atau komunikasi saja. Sebenarnya Smartphone bisa digunakan untuk berbagai macam pengukuran atau teknik-teknik dalam fisika,” ujarnya.

Sebelumnya pihaknya juga telah mendownload dan mencoba langsung keakuratan aplikasi tersebut dan hasilnya 99 persen sempurna. Selain itu pihaknya juga ingin memodifikasi aplikasi APHICS untuk hal-hal positif seperti pengukuran detak jantung dan yang bersifat bio medic.

Adapun dalam peraturan lomba nanti diantaranya setiap sekolah hanya bisa mengirimkan maksimal 4 team dimana satu team terdiri dari 2 orang siswa dan 1 pembimbing. Untuk technical meeting akan dilaksanakan tanggal 16 September dan pelaksanaannya pada 17 September.

Sedang materi yang dilombakan adalah pengukuran ketinggian benda, pengukuran kuat medan magnet suatu benda, penentuan arah, penyetelan kemiringan suatu benda dan pengukuran penyaringan bunyi.

Pihaknya dalam kegiatan ini menarget 25 hingga 50 peserta, yang mana setiap team akan menggunakan smartphone dan disarankan menggunakan aplikasi toolbox-smart, handy measurement tools sebagai alat ukur selama perlombaan berlangsung.

(►http://www.beritaekspres.com)

Kategori: