Unika Gandeng Elex Media Terbitkan E-Book
Senin, 11 September 2017 | 16:42 WIB

Tepatnya di hari Jumat (8/9), Unika Soegijapranata mengadakan pertemuan dengan penerbit Elex Media Komputindo untuk berdiskusi membicarakan kemungkinan diadakannya kerjasama di waktu akan datang yang disesuaikan dengan kesiapan platform yang ada di Unika. Acara yang dilaksanakan di Ruang Hijau, Gedung Mikael, lantai 3 ini dihadiri oleh Rektor Unika Soegijapranata Prof. Dr. F Ridwan Sanjaya didampingi WR4 Benediktus Danang Setianto, Dr. Cecilia Titiek Murniati, Rikarda Ratih Saptaastuti, Ignatius Eko dan Theresia Manggar, sementara dari pihak Elex Media Komputindo diwakili oleh Vincent Sugeng Hardojo sebagai Elex Nonfiction Editorial Manager dan Ida Bagus Kade Syumanjaya yang menjabat sebagai Elex Fiction Editorial Manager.

Dalam pertemuan tersebut, Prof. Ridwan yang merupakan penulis aktif bagi Penerbit Elex Media Komputindo sejak tahun 2001 hingga saat ini menuturkan bahwa kerjasama antara Unika Soegijapranata dengan Penerbit Elex Media Komputindo sebetulnya telah terjalin sejak lama. Wujud kerjasama Unika Soegijapranata dengan Penerbit Elex Media telah melahirkan beberapa bentuk karya dalam bentuk buku misalnya saja untuk kategori fiksi, telah menghasilkan 3 buku yang dibuat oleh alumni Psikologi Unika yang bernama Stella Olivia, 5 buku yang ditulis oleh dosen Psikologi, serta 5 buku yang ditulis dari hasil kolaborasi dosen-mahasiswa di prodi Sistem Informasi.

Ada juga kisah tersendiri dari mahasiswa bimbingan Prof. Ridwan yang menulis buku mengenai cara membuat game dalam aplikasi Android. Tidak lama kemudian, buku yang dimaksud habis di pasaran. Orang-orang lebih mudah mencari versi e-booknya karena sudah tidak ditemukan cetaknya lagi di toko-toko buku.

"Buku yang diterbitkan di Elex Media bukan merupakan keputusan yang didasarkan karena faktor transaksi tapi kualitas karya" jelas Prof. Ridwan.

”Saat ini Unika Soegijapranata sedang mengembangkan platform e-book dan hal ini erat kaitannya dengan program rektorat 4 tahun ke depan yang berkaitan dengan terminology UnikaConnnect yang artinya menghubungkan talenta di Unika Soegijapranata dengan segala peluang kebaikan di luar. Salah satu yang didorong adalah penyaluran ide dari seluruh warga kampus baik dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan.

Dimana dalam platform itu memungkinkan 1 atau banyak orang yang berkumpul dalam virtual workspace dapat  menuangkan idenya. Penerbitan dalam bentuk e-book dalam harapan saya menjadi opsi bagi mereka yang punya potensi menulis maupun yang sudah punya potensi itu.
Penerbitan e-book oleh Elex Media merupakan salah satu bentuk kecocokan antara Unika dengan Elex Media. Saya berharap hal ini bisa menjadi hal yang berkelanjutan terutama kaitannya terkait platform yang saat ini dikembangkan oleh Unika Soegijapranata" imbuh Prof. Ridwan.

Untuk diketahui, Elex Media Komputindo memiliki 3 divisi di Elex Media antara lain divisi Non-Fiksi yang membawahi 6 section : komputer, pendidikan bisnis, elex kidz, quanta (buku muslim), parenting, dan humaniora (buku tentang social science); divisi Fiksi yang membawahi 3 section yaitu komik (berbasis Komik Jepang Manga), komik pendidikan dan novel; serta divisi Non-Book membawahi section merchandising. Beberapa produk dari Penerbit Elex Media Komputindo antara lain : Komik Naruto, Komik Detective Connan, Komik One-Piece, Komik Si Juki Jalan-Jalan, Komik Doraemon, Komik Ther Melian Academy, Novel #temantapimenikah, Novel #temantapimenikah vol. 2. (Cal)

Kategori: ,