Unika Gelar Konferensi Internasional Tentang Bahasa Inggris
Sabtu, 9 September 2017 | 19:51 WIB

Prodi S1 Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unika Soegijapranata Semarang dengan dukungan Kemendikbud kembali menggelar International Conference untuk para mahasiswa dan guru sekolah dasar hingga menengah ke atas, para praktisi ataupun pemimpin kebijakan, maupun dosen-dosen di berbagai perguruan tinggi yang tertarik dalam pendalaman berbahasa asing terutama Inggris untuk berkomunikasi dalam lingkup bisnis maupun pendidikan dan untuk mengetahui bagaimana membuat sebuah jurnal yang terakreditasi secara nasional dan internasional.

Pada 5th Celt International Conference ini juga bermaksud membantu meningkatkan kompetensi para mahasiswa bahasa dan seni dalam menghadapi masa depan mereka. Diadakan sekali dalam tiga tahun, konferensi kali ini bertemakan Contextualizing the Trajectory of Language, Arts and Culture in Contemporary Society. Berlangsung selama tiga hari (9-11/9/2017), konferensi yang diselenggarakan di Hotel Patra Semarang ini mengundang langsung chief editor dari dalam maupun luar negeri sehingga peserta dapat bertemu dan menanyakan secara langsung hal sehubungan dengan pembuatan jurnal.

“Hasilnya tidak hanya makalah masuk prosiding seminar, tapi hasilnya akan benar-benar diterbitkan di jurnal yang dikelola oleh para chief editors pembicara acara ini. Sehingga panitia tidak hanya menjanjikan untuk membantu, namun juga berupaya untuk merealisasikan-nya.” ujar dosen senior FBS yang juga chief Editpr jurnal nasional terakreditasi Unika Dr. Dra. Ekawati Marhaenny Dukut, M. Hum saat ditanya mengenai detil konferensi internasional ini. Dr Ekawati juga mengatakan, panitia siap membantu membimbing dan mendampingi penulis agar dapat diterbitkan di jurnal nasional-internasional.

Konferensi internasion ini menampilkan 8 pembicara, 6 pembicara di antaranya akan membantu dan memberi arahan pada Journal Workshop yang diadakan di hari ketiga, Senin, 11 September 2017. Pembicara yang akan hadir dengan membawakan berbagai topik, antara lain Prof. Harry Aveling, DCA, STM, M.AppLing, Ph.D dari Monash University Australia (A Labour Useful to Students: Contrasting Perspectives on Teaching Translation Studies), Prof. Dr. Shameem Rafik-Galea dari University Putra Malaysia (Ethnography as Needs Analysis and Medical English Course Design), Prof. James F. D’Angelo, M.A., M.B.A, Ph.D.dari Chukyo University Jepang (Applying the WE-World English Enterprise’ to Expanding Circle ELT), Prof. Dra. Hj. Utami Widiati, M.A., Ph.D. dari Universitas Negeri Malang (How Well are Teacher Candidates Prepared to Develop their Future Student’s International Competence? – The need for Revisiting Cross-cultural Courses in Teacher-Education Institutions), Dr. Dra. Liliek Soelistyo, M.A. Universitas Kristen Petra (Identity Negotiation and Construction: Chinese Indonesian Students learning English), Dr. Dra. Ekawati Marhaenny Dukut, M. Hum. dari Unika Soegijapranata (Popularizing Indonesian Scenes through Picturebooks and Digital Animation Software), Dra. Cecilia Titiek Murniati, M.A., Ph.D. dari Unika Soegijapranata (Technology-Enhanced Language Learning: Lessons Learnt), dan Drs. Suharto, M.Hum dari Unnes (Managing Harmonia Journal: from Nationally Accredited to Internationally Reputable Journal).

Lebih lanjut Dr Ekawati menyatakan melalui acara konferensi internasional ini, diharapkan para peserta yang hadir, dapat mendapat tambahan ilmu dan terbantu dalam menguasai dan mempublikasi jurnal karya sendiri. Kesempatan masih terbuka bagi masyarakat yang ingin hadir langsung dan mendaftar sebagai peserta di Patra Semarang Hotel, 9-11 September 2017.

http://www.kampussemarang.com

Kategori: